Menang 2-1 di Granada, Atletico Kukuhkan Posisi di Puncak

JAKARTA — Atletico Madrid mengukuhkan posisi mereka di puncak klasemen sementara Liga Spanyol setelah menang 2-1 di markas Granada dalam laga pekan ke-23 di Stadion Nuevo Los Carmenes, Sabtu.

Kemenangan yang disokong gol-gol Marcos Llorente dan Angel Correa itu membuat Atletico kini mengumpulkan 54 poin di puncak klasemen, atau unggul delapan poin atas rival sekotanya, Real Madrid (46).

Sedangkan Granada (30), yang kini melewati lima pertandingan beruntun tanpa kemenangan, tertahan di urutan kedelapan, demikian catatan laman resmi Liga Spanyol.

Kedua tim bermain terbuka sejak sepak mula, tetapi peluang awal Atletico lewat Correa masih mengarah tepat ke pelukan kiper Rui Silva dan sebaliknya German Sanchez yang mampu mengalahkan kiper Jan Oblak dalam duel udara masih gagal menyundul bola tepat ke sasaran.

Pada menit ke-30, Geoffrey Kondogbia mengirim umpan lambung melewati barisan pertahanan tuan rumah dan Luis Suarez berada di posisi yang tepat untuk melepaskan tembakan voli, tetapi Silva melakukan aksi halauan cermat.

Skor nirgol bertahan hingga turun minum dan tiga menit memasuki babak kedua peluang Suarez memecahkan kebuntuan dimentahkan oleh mistar gawang.

Lantas pada menit ke-60, Suarez gagal melakukan pengendalian bagus saat menerima umpan sundulan Luiz Felipe dalam situasi sepak pojok sehingga bola bergulir meninggalkan lapangan karena sentuhan pertamanya.

Tiga menit kemudian, Atletico akhirnya sukses membuka keunggulan saat Llorente menggiring umpan kiriman Koke, melewati Domingos Durte sebelum melepaskan tembakan akurat dari tepian kotak penalti untuk menyarangkan bola ke pojok bawah tiang dekat.

Namun, keunggulan tim tamu hanya bertahan sejenak sebab pada menit ke-66 Yangel Herrera mampu mencetak gol penyama kedudukan lewat tembakan yang membentur Hermoso sehingga bola melayang memperdaya Oblak.

Atletico mampu merestorasi keunggulan mereka pada menit ke-74 saat Llorente melewati hadangan dua pemain Granada sebelum menyodorkan umpan yang diselesaikan tembakan Correa ke pojok tiang jauh.

Dua menit jelang bubaran waktu normal, Suarez berpeluang mengunci kemenangan Atletico lebih awal tetapi ia gagal menaklukkan Silva dalam situasi satu lawan satu. Bila mana bola bersarang ke dalam gawang sekalipun, gol itu pasti dianulir karena di tepi lapangan hakim garis sudah mengangkat bendera pertanda offside.

Atletico hanya punya waktu beristirahat dua hari sebelum kembali merumput pada Selasa (16/2) pekan depan melakoni laga tunda pekan kedua di kandang Levante.

Sedangkan Granada pada Kamis (18/2) bakal menjamu Napoli dalam leg pertama 32 besar Liga Europa sebelum bertandang ke markas tim juru kunci Huesca tiga hari berselang. [Ant]

Lihat juga...