Menangi Derbi Emilia-Romagna 3-0, Rentetan Kekalahan Bologna Akhirnya Terhenti

Ilustrasi pertandingan Derbi Emilia-Romagna antara Parma kontra Bologna yang berlangsung dalam pekan ke-21 Liga Italia pada Senin (8/2/2021) dini hari WIB – foto Ant

JAKARTA – Bologna, menghentikan rentetan dua kekalahan beruntun mereka, saat memenangi Derbi Emilia-Romagna dengan menundukkan tuan rumah Parma 3-0, dalam laga pekan ke-21 Liga Italia di Stadion Ennio Tardini, Minggu (7/2/2021) waktu setempat atau Senin (8/2/2021) WIB.

Musa Barrow, memimpin kemenangan Bologna lewat dwigol yang dicetaknya pada babak pertama, sebelum Riccardo Orsolini mencetak gol penutup pada injury time babak kedua. Raihan tiga poin itu mendongkrak posisi Rossoblu naik dua strip, untuk menghuni posisi ke-13 klasemen sementara dengan raihan 23 poin. Sedangkan Parma (13), yang menelan rentetan tiga kekalahan, kian terbenam di urutan ke-19.

Bologna, membuka keunggulan melalui situasi bola mati. Tendangan bebas Nicola Sansone, dapat diteruskan sundulan Barrow ke tiang jauh, setelah melintasi mulut gawang. Pemain internasional Gambia, Barrow, lantas menggandakan keunggulan timnya melalui sepakan akurat, setelah Roberto Soriano dan Sansone bekerja sama, untuk mengirimkan umpan matang kepadanya.

Kiper Parma, Luigi Sepe, mampu menahan tendangan bebas Sansone, untuk mencegah gawangnya kemasukan untuk ketiga kalinya sebelum turun minum. Parma, berusaha mengubah sistem permainan yang dilakukan dengan pola tiga beknya. Mereka memasukkan Dennis Man, untuk selanjutnya memasukkan mantan pemain Bayern Munich, Joshua Zirkzee, yang melakukan debutnya. Dengan langkah itu, Parma menjadi tim yang paling banyak memainkan pemainnya, dibanding tim Liga Italia manapun di musim ini.

Bologna tidak mengendurkan tekanan. Trio pemain mereka kembali bekerja sama, sebelum Nicola Sansone melepaskan sepakan melebar dari umpan Barrow. Parma, berusaha menciptakan peluang-peluang, namun gol balasan tidak kunjung tercipta. Gervinho, mengirimkan bola ke mulut gawang Bologna tanpa mampu dijangkau rekan-rekan setimnya. Sedangkan sepakan voli Riccardo Gagliolo, masih dapat diredam.

Justru Bologna yang mencetak gol ketiga mereka, menjelang peluit panjang berbunyi. Dari skema serangan balik, Orsolini menerima umpan, dan tanpa kesulitan ia menaklukkan kiper Sepe dengan tembakan ke tiang dekat.

Bologna, berusaha kembali mendulang tiga poin saat mereka menjamu Benevento pada pertandingan putaran ke-22, yang akan dimainkan pada Jumat (12/2/2021) depan. Bagi Parma, raihan minimal satu poin akan menjadi target mereka saat dijamu Udinese pada Senin (14/2/2021) pekan depan. (Ant)

Lihat juga...