Minuman Rempah dan Jeruk Tingkatkan Imunitas Tubuh

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

PURWOKERTO – Minuman rempah atau dikenal dengan sebutan wedang uwuh menjadi pilihan favorit di tengah pandemi Covid-19. Selain rasa dan aroma yang segar, minuman ini juga diyakini mampu meningkatkan imunitas tubuh.

Wedang uwuh merupakan minuman yang diracik dari aneka rempah-rempah seperti kayu manis, jahe, cengkeh, kapulaga, temulawak, sereh serta dilengkapi dengan jeruk nipis. Semua rempah dijadikan satu dan direbus bersama air. Rasa manis khas keluar dari kayu manis dan aroma jahe serta kapulaga mengundang selera untuk minum.

Penggemar wedang rempah, Sumarwoto mengatakan, minuman rempah membuat badan terasa lebih segar dan bugar, Menurutnya, bagi yang tidak suka minum jamu tradisional, wedang rempah bisa dijadikan alternatif pilihan.

Penggemar minuman rempah, Sumarwoto dijumpai di Purwokerto, Sabtu (6/2/2021). Foto: Hermiana E. Effendi

“Segar dan membuat tubuh lebih bugar, sebab banyak kandungan rempah di dalamnya, dimana semua jenis rempah yang dicampurkan mempunyai khasiat masing-masing,” tuturnya, Sabtu (6/2/2021).

Menurutnya, rasa rempahnya terasa sekali dan manis dari kayu manisnya pas. Kalau kondisi badan sedang lelah, minum wedang uwuh ini bisa menjadi bugar kembali. Sehingga ia selalu menyempatkan diri untuk menikmati wedang uwuh minimal dua kali dalam satu minggu.

Selain wedang rempah, minuman jeruk nipis juga menjadi alternatif pilihan bagi yang kurang suka dengan aroma rempah yang kental. Jeruk nipis mempunyai banyak khasiat mulai dari meningkatkan kekebalan tubuh, karena banyaknya kandungan vitamin C dan antioksidan di dalamnya.

Jeruk nipis juga dipercaya mampu menurunkan berat badan, karena kandungan asam sitrat pada jeruk nipis mampu meningkatkan metabolisme tubuh.

Sementara itu, salah satu penjual wedang uwuh, Muhammad Kurniawan mengatakan, sejak pandemi Covid-19, penjualan wedang rempah meningkat. Tidak hanya yang sudah dalam bentuk siap minum, tetapi juga ramuan aneka rempah yang bisa dinikmati di rumah.

“Jadi kita siapkan dua bentuk sajian wedang rempah, ada yang sudah siap minum dan ada juga yang berupa satu bungkus kemasan aneka rempah-rempah yang sudah dilengkapi dengan gula batu. Sehingga pembeli tinggal menyeduh dengan menambahkan air panas di rumah,” tuturnya.

Kurniawan memiliki warung makan di Desa Karangtengah, Kecamatan Cilongok, Kabupaten Banyumas yang salah satu menu andalannya adalah wedang uwuh. Satu teko wedang uwuh dijual dengan harga Rp 22.000 dan bisa dinikmati oleh 3-4 orang.

“Pengunjung kalau makan di sini, pesannya kebanyakan wedang uwuh, bahkan ada yang sengaja datang jauh-jauh hanya untuk minum wedang uwuh,” tuturnya.

Lihat juga...