Nakes Lansia di Batam Bisa Datang Langsung ke Tempat Vaksin COVID-19

Wakil Wali Kota Batam, Amsakar Achmad (kiri), menunjukkan dirinya telah menerima dua dosis vaksin COVID-19 beberapa waktu lalu – foto Ant

BATAM – Dinas Kesehatan Kota Batam Kepulauan Riau, meminta tenaga kesehatan berusia lanjut usia (lansia), untuk langsung datang ke lokasi vaksinisasi, untuk mendapatkan vaksin COVID-19.

Proses vaksinasi tidak lagi dilakukan dengan mengumpulkan data tenaga kesehatan, untuk mendapatkan vaksin COVID-19. “Nakes lansia, langsung bisa mendatangi tempat vaksin,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Batam, Didi Kusmarjadi, Rabu (10/2/2021).

Tenaga kesehatan cukup memperlihatkan bukti pekerjaannya, saat hendak menerima imunisasi. “Mana yang datang dilayani,” kata dia.

Sementara itu hingga Senin (8/2/2021), sebanyak 4.949 orang dari 7.874 tenaga kesehatan sasaran vaksin di Batam, telah menerima imunisasi COVID-19. Sebanyak 559 orang ditunda, 1.342 belum divaksin dan 1.024 orang tidak akan menerima. “Karena mereka penyintas COVID-19, hamil, menyusui dan komorbid,” kata Didi Kusmarjadi.

Sedangkan dalam program vaksinasi lanjutan, dari 4.949 orang yang menerima dosis pertama, 1.304 orang telah menerima dosis kedua. Sebanyak 44 orang ditunda, 48 orang diputuskan tidak diberikan, dan 3.553 orang belum divaksin.

Didi mengatakan, jumlah sasaran tenaga medis yang menerima vaksinasi di Batam bertambah sekira 2.000 orang, dari data awal. Penambahan itu dari petugas Balai Pelatihan Kesehatan, Kantor Kesehatan Pelabuhan, Balai Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit, tenaga medis yang bertugas di RS Khusus Infeksi COVID-19 Batam, dan doter di fasilitas pelayanan kesehatan yang sebelumnya tidak terdata. (Ant)

Lihat juga...