Nakes Lansia Kota Serang Mulai Divaksin COVID-19 Tahap Dua

Sekertaris Dinkes Kota Serang, dr Ahmad Hasanuddin – foto Ant

SERANG – Pemerintah Kota Serang, mulai menyuntik vaksin COVID-19 tahap kedua, kepada kelompok tenaga kesehatan (nakes), yang berumur di atas 59 tahun atau Lanjut Usia (Lansia).

“Sebetulnya, sekarang ini pada tahap ke dua penyuntikan vaksin ke nakes itu. Kelompok lansia sudah disuntik (tahap pertama),” kata Sekertaris Dinkes Kota Serang, dr Ahmad Hasanuddin, Rabu (17/2/2021).

Pada vaksinasi tahap ke dua, penyuntikan belum bisa dipastikan dapat diberikan kepada semua nakes lansia atau tidak. Sebagian dari mereka, ada yang mempunyai riwayat penyakit dan gangguan kesehatan. “Jadi tidak semua nakes lansia menerima vaksin, karena dari nakes ini ada yang memiliki riwayat penyakit. Tapi Alhamdulillah sejauh ini, tidak ada penolakan juga dari mereka,” katanya.

Saat ini, capaian pemberian vaksin untuk tenaga kesehatan pada tahap pertama sudah mencapai 92,7 persen. Sedangkan di tahap kedua, baru mencapai sekira 30 persen dari jumlah semua sasaran yang mencapai 3.277 orang. “Untuk yang tahap ke-dua ini masih berjalan, dan kenapa pada tahap pertama itu tidak mencapai 100 persen, karena ada nakes yang harus ditunda divaksin,” katanya.

Meski begitu, pihaknya optimistis capaian target program penyuntikan vaksin terhadap nakes tersebut akan tercapai pada 16 Maret 2021. “Targetnya sampai 16 Maret 2021,” ujarnya.

Sementara itu, untuk tahapan selanjutnya dalam pemberian vaksin COVID-19, akan diberikan kepada anggota TNI dan Polri, Pegawai Negeri Sipil (PNS), petugas pelayanan publik, serta jurnalis. “Yang pasti, penerima selanjutnya itu yang berisiko tinggi terpapar COVID-19,” pungkasnya. (Ant)

Lihat juga...