Nanas Madu, Buah Segar Pelezat Sejumlah Kuliner

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

LAMPUNG – Buah nanas atau Ananas Comosus L jadi salah satu jenis buah segar pelengkap bahan kuliner. Buah yang memiliki tekstur kasar pada bagian kulit itu jadi salah satu buah segar dengan rasa manis.

Rohimat, pedagang buah nanas di Pasar Bambu Kuning, Tanjung Karang, Bandar Lampung menyebut, menyediakan jenis nanas madu. Buah nanas madu kerap disediakan untuk konsumsi buah segar, bahan rujak, asinan hingga selai.

Buah nanas madu segar sebutnya dipasok dari wilayah Lampung Timur dan sejumlah petani. Kebutuhan nanas madu sebut Rohimat meningkat imbas buah tersebut memiliki rasa manis seperti madu saat matang.

Pasokan nanas madu yang masih lengkap memiliki tangkai, mahkota akan mempertahankan kesegaran buah. Nanas madu kerap dipetik dalam kondisi tua sehingga matang secara alami.

Pelanggan tetap buah nanas madu sebut Rohimat dominan pemilik usaha kuliner. Munculnya pemilik usaha kuliner jus buah, produsen kue kering, warung makan seafood berbahan ikan laut, pembuat manisan, asinan dan rujak.

Satu buah nanas kerap memiliki berat kurang dari satu kilogram. Buah nanas dijual olehnya mulai harga Rp8.000 hingga Rp10.000 dengan stok lima kuintal per hari.

“Permintaan nanas kerap meningkat untuk bahan kuliner, jelang perayaan Imlek atau tahun baru Cina banyak warga yang akan membuat kue kering salah satunya menggunakan buah nanas. Buah nanas yang memiliki kandungan vitamin C juga banyak diminati sebagai buah segar,” terang Rohimat saat ditemui Cendana News, Sabtu (6/2/2021).

Rohimat bilang, nanas madu memiliki aroma yang wangi dan kadar air tinggi. Pelanggan kerap membeli nanas madu sebagai pelengkap buah pencuci mulut.

Kulit yang tipis dengan daging buah tebal menjadikan buah tersebut diminati untuk pembuatan jus dan es buah. Sebagai kuliner yang bisa dikonsumsi segar dan bahan pelengkap kue, nanas madu ikut mendukung sektor usaha kuliner lain.

Melani, salah satu pedagang kue tradisional menyebut nanas madu jadi bahan pemanis alami. Sejumlah kue seperti martabak, roti akan semakin lezat dengan penambahan buah nanas.

Nanas yang akan digunakan sebelumnya diolah menjadi selai agar lebih awet saat disimpan. Ia memilih membuat selai untuk stok menikmati roti bakar dan pelengkap berbagai jenis kue lain.

“Buah nanas madu juga kerap saya buat menjadi asinan dan manisan karena memiliki sensasi rasa asam dan manis,” bebernya.

Asinan buah nanas madu semakin lezat dengan tambahan buah jambu, kedondong, mangga dan buah segar lain. Buah nanas yang memiliki kandungan vitamin C, A tinggi kalori dan lemak sebutnya cocok untuk anak anak. Sebagai cara agar anak-anak menyukai nanas, buah tersebut bisa dibuat menjadi jus. Kombinasi dengan buah segar lain menjadikan nanas semakin lezat dalam es campur.

Stevani, warga Teluk Betung menyebut memanfaatkan buah nanas madu untuk selai. Selai dibuat dengan proses pemarutan buah nanas yang telah dikupas.

Proses pembuatan kue nastar berbahan selai nanas dilakukan oleh Stevani, warga Teluk Betung, Bandar Lampung, Sabtu (6/2/2021) – Foto: Henk Widi

Selanjutnya parutan buah nanas akan disaring untuk diambil bagian ampas. Bagian air perasan bisa dipergunakan sebagai bahan jus yang semakin segar saat disimpan pada lemari es. Campuran gula akan menambah rasa manis selai yang dibuat.

Selai yang dibuat dengan proses pemasakan akan menghasilkan aroma khas nanas. Selai dengan warna cokelat beraroma nanas menjadi bahan isian kue nastar.

Kue nastar isi selai nanas sebutnya menjadi salah satu hidangan pelengkap saat tahun baru Imlek. Rasa gurih, manis kue nastar semakin lezat dengan tambahan selai nanas.

Selai nanas yang telah dimasak sebut Stevani bisa disimpan dalam wadah toples. Pengawetan nanas menjadi selai bisa dimanfaatkan untuk menambah kelezatan saat menikmati roti bakar.

Kue nastar berbahan selai nanas siap dipanggang menggunakan oven untuk sajian kue Imlek, Sabtu (6/2/2021) – Foto: Henk Widi

Proses pembuatan selai nanas sebutnya menjadi cara menghemat. Sebab dengan menggunakan empat buah nanas ia bisa mendapatkan sekitar 1 kilogram selai. Selai nanas tersebut bisa disimpan hingga tiga bulan tanpa bahan pengawet.

Lihat juga...