Nasi Tiwul, Mengenyangkan dan Membantu Program Diet

Redaktur: Muhsin Efri Yanto

LAMPUNG — Nasi tiwul yang terbuat dari pengolahan singkong ternyata juga cocok jika disandingkan bersama lauk, seperti opor ayam kampung. Selain mengenyangkan, juga memiliki manfaat bagi masyarakat yang ingin diet karbohidrat.

Larasati, salah satu pembuat nasi tiwul di Desa Kelawi, Kecamatan Bakauheni, Lampung Selatan menyebutkan, proses pembuatan nasi tiwul sangat mudah. Butiran tiwul dari olahan singkong yang telah menjadi beras dimasak bersama dengan beras padi. Setelah beras padi menjadi nasi, butiran tiwul bisa dicampurkan pada bagian atas. Nasi tiwul akan matang setelah setengah jam.

Nasi tiwul juga bisa dimasak terpisah dengan proses pengukusan. Setelah tiwul matang selanjutnya akan dicampurkan dengan nasi beras yang telah matang.

“Nasi tiwul akan semakin lezat saat disajikan dalam kondisi hangat bersama lauk opor ayam kampung dengan ciri khas santan yang gurih, lengkap dengan sambal pekhos yang terbuat dari cabai dan tomat mentah, sehingga akan terasa kesegaran saat menyantapnya,” terang Larasati saat menyiapkan nasi tiwul,Sabtu (13/2/2021)

Larasati bilang nasi tiwul yang dikukus dengan nasi putih kerap dipakai untuk warga yang diet karbohidrat. Secara bertahap nasi tiwul bisa disajikan tanpa tambahan nasi putih. Bagi pengidap masalah pencernaan, kadar gula darah tinggi, nasi tiwul murni bisa jadi pengganti nasi beras.

Basroni, penikmat nasi tiwul menyebut tekstur yang kenyal dan mengenyangkan jadi pilihan menikmati nasi dari singkong tersebut. Porsi nasi putih dan tiwul memiliki perbandingan lebih banyak tiwul agar lebih nikmat. Kelezatan tiwul akan semakin terasa saat disajikan dengan opor ayam kampung. Sebab rasa ayam kampung yang gurih berpadu dengan rasa tiwul.

“Menikmati hidangan nasi tiwul harus memakai tangan agar mudah mencampurkan lauk dan nasi,” cetusnya.

Selain opor ayam kampung, Aris, salah satu penikmat tiwul menyebut sambal pekhos jadi tambahan pelezat. Proses mencampurkan atau mencarup tiwul, kuah opor ayam berpadu dengan sambal pekhos.

Basroni, menikmati nasi tiwul dengan lauk opor ayam kampung dan sambal pekhos di Desa Kelawi, Kecamatan Bakauheni, Lampung Selatan, Sabtu (13/2/2021). Foto: Henk Widi

Nilai gizi tiwul sebutnya akan bertambah dengan tambahan ikan laut, opor ayam. Meski nasi tiwul dianggap kurang memiliki nilai gizi, pemilihan lauk yang tepat bisa meningkatkan nutrisinya.

“Lauk yang digunakan harus memiliki nilai gizi pelengkap seperti daging ayam dan ikan yang memiliki nutrisi yang baik,” cetusnya.

Bahtiar Ibrahim, kepala desa Kelawi, Kecamatan Bakauheni menyebut hidangan nasi tiwul jadi makanan alternatif. Sebagai salah satu objek wisata bahari yang dikunjungi wisatawan pengelola penginapan bisa menyediakan nasi tiwul. Lauk pelengkap dengan opor ayam, ikan bakar, sambal pekhos bisa disajikan saat bancakan. Tradisi makan bersama dengan bancakan semakin nikmat dengan sajian nasi tiwul.

Lihat juga...