Nikmatnya Kuliner Tahu Campur Pare ala Maumere

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

MAUMERE – Pare merupakan salah satu sayur yang biasa disajikan di berbagai rumah makan yang tersebar di Kota Maumere, Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Pare kerap dicampur dengan beberapa sayuran lainnya termasuk kacang buncis dan dimasak dengan cara ditumis agar rasa pahitnya berkurang.

“Untuk menghilangkan rasa pahit biasanya setelah pare dicuci bersih langsung diiris berukuran kecil,” tutur Philomena Kuben, salah seorang warga Kelurahan Wailiti, Kecamatan Alok Barat, Kabupaten Sikka, NTT saat ditemui di Kota Maumere, Sabtu (6/2/2021).

Philomena menyebutkan, setelah diiris pare dimasukkan ke dalam sebuah wadah dan dicampur dengan garam sambil diremas menggunakan tangan hingga terlihat agak layu lalu dicuci dengan air hingga bersih.

“Baru setelah itu bisa langsung ditumis. Banyak yang mencampurnya dengan kacang buncis agar rasa pahitnya semakin berkurang dan terasa lebih enak saat dikonsumsi,” terangnya.

Hal berbeda dilakukan Maria W. Parera, warga Kelurahan Wairotang, Kecamatan Alok Timur yang memadukan pare, kacang buncis dan tahu menjadi salah satu menu berbeda.

Warga Kelurahan Wairotang, Kecamatan Alok Timur, Kota Maumere, Kabupaten Sikka, NTT, Maria W. Parera saat ditemui di rumahnya, Sabtu (6/2/2021). Foto: Ebed de Rosary

Maria mengatakan, bahan-bahan yang dipergunakan dalam memasak sayuran ini seperti bawang merah, bawang putih, tomat, cabai keriting, garam dan penyedap rasa secukupnya sesuai selera.

“Selain tomat dan pare yang diiris tipis, bawang putih, bawang merah, cabai keriting dan tomat dibersihkan lalu dihaluskan menggunakan cobek,” terangnya.

Maria menjelaskan, ambil tahu dua lempeng lalu iris berukuran kecil sesuai keinginan, lalu digoreng hingga setengah matang, diangkat serta ditiriskan minyaknya hingga benar-benar kering.

Sesudahnya lanjut dia, panaskan minyak di wajan lalu tumis bumbu yang telah dihaluskan hingga wangi dan masukkan pare serta buncis yang telah diiris tersebut.

“Aduk pare dan buncis hingga merata dan didiamkan selama sekitar 5 menit. Baru setelahnya kita masukkan tahu yang sudah digoreng dan diaduk bersamaan hingga merata,” urainya.

Seraya diaduk pesan Maria, ditambahkan sedikit garam dan penyedap masakan sesuai selera, lalu tutup wajannya dan biarkan hingga beberapa saat hingga matang, lalu angkat dan hidangkan.

“Bila dicampur dengan kacang buncis dan tahu maka rasa sayuran pare akan sedikit pahit. Rasa pahit ini berkurang bila memasak sayur pare saja, tanpa dicampur sayuran lainnya,” pungkasnya.

Lihat juga...