Nila Bumbu Rempah Menu Alternatif Penghangat Badan

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

LAMPUNG- Sajian kuliner berbahan rempah jadi salah satu rekomendasi untuk santapan saat musim penghujan. Khasiat menghangatkan badan dari bumbu rempah tersaji dalam menu kuliner olahan ikan nila.

Dwi Hidayanti, pemilik warung makan Dua Putri menyebut, ikan nila bumbu rempah jadi menu favorit di warung miliknya. Olahan lezat tersebut menggugah selera dengan aroma rempah saat dimasak.

Dwi Hidayanti, pemilik warung makan, menyiapkan menu ikan nila bumbu rempah untuk pelanggan, Sabtu (6/2/2021) – Foto: Henk Widi

Olahan ikan nila rempah tersebut ia sediakan di Jalan Lintas Timur, Desa Sumber Nadi, Kecamatan Ketapang, Lampung Selatan setiap hari.

Ia memilih jenis ikan nila atau Oreochromis niloticus yang dibudidayakan pada sejumlah tambak di pantai timur Ketapang. Pilihan ikan nila yang berdaging tebal membuat resapan bumbu rempah semakin terasa.

Bumbu rempah yang digunakan sebut Dwi Hidayanti cukup beragam. Jenis bumbu tersebut meliputi sereh, cabai rawit, bawang merah, bawang putih, kemiri, kunyit, lengkuas.

Bahan pelengkap lain berupa daun kemangi, daun salam, daun bawang, daun jeruk, garam, penyedap rasa, tomat. Semua bumbu rempah sebagian dihaluskan dan disertakan utuh untuk menghadirkan cita rasa lezat.

“Bumbu kunyit yang dihaluskan bersama rempah lainnya akan menciptakan warna kuning untuk merangsang selera makan. Beberapa bumbu jenis cabai rawit, tomat dan daun bawang disediakan utuh agar mempercantik tampilan ikan nila bumbu rempah saat disajikan,” terang Dwi Hidayanti saat ditemui Cendana News, Sabtu (6/2/2021).

Proses pengolahan ikan nila bumbu rempah menurut Dwi Hidayanti cukup sederhana. Ikan nila jenis gift yang diperoleh dari hasil panen tambak terlebih dahulu didiamkan pada kolam mengalir.

Ikan dibersihkan bagian sisik serta lendir lalu diiris bagian dagingnya agar lebih cepat matang saat digoreng. Setelah diiris daging ikan nila dilumuri dengan perasan air jeruk nipis dan garam hingga meresap.

Ikan nila yang telah direndam dengan garam dan jeruk nipis selanjutnya digoreng kering. Rasa renyah atau krispi setelah digoreng akan menjadi ciri khas olahan ikan miliknya.

Namun sebagian pelanggan memilih ikan langsung diberi bumbu agar lebih empuk tanpa digoreng. Setelah digoreng matang ikan nila bisa ditiriskan agar kadar minyak berkurang. Semua bumbu yang telah dihaluskan siap untuk ditumis.

“Bahan bumbu rempah yang telah disediakan selanjutnya ditumis bersama dengan daun sereh, daun jeruk, garam dan penyedap rasa lalu masukkan ikan nila dalam wajan,” terang Dwi Hidayanti.

Setelah semua bahan tercampur, tunggu semua bumbu tercampur sempurna dalam ikan nila. Agar bahan meresap sempurna wajan ditutup atau diungkep. Tambahan irisan tomat, daun kemangi diberikan saat semua bumbu telah matang ditandai dengan aroma sedap yang muncul. Ikan nila bumbu rempah siap disajikan dalam kondisi hangat.

Dewi, salah satu karyawan pelayan warung menyebut, ikan nila bumbu rempah disajikan saat uap masih mengepul. Selain sebagai penggugah selera, uap bumbu rempah memiliki khasiat untuk melegakan pernapasan.

Tambahan lalapan berupa daun kemangi, kacang panjang, kol dan sambal tomat semakin menggugah selera. Sajian ikan nila bumbu rempah semakin lezat disantap bersama nasi hangat.

“Saat musim penghujan aroma bumbu rempah sangat khas, bumbu pada ikan nila akan menghangatkan badan,” cetusnya.

Menu ikan nila bumbu rempah yang dibanderol seharga Rp20.000 per porsi sebutnya cukup digemari. Sehari warung makan tersebut bisa menyajikan sekitar 10 kilogram ikan nila.

Pelanggan dominan masyarakat di wilayah tersebut dan pengemudi kendaraan di Jalan Lintas Timur. Sebagai akses jalan dari Sumatera Selatan ke Bakauheni, membuat warung makan tersebut buka selama 24 jam.

Jupri, salah satu penyuka ikan nila bumbu rempah menyebut, saat hujan menu itu sangat cocok. Aroma rempah dari berbagai bumbu akan semakin menambah selera makan.

Makan bersama dengan menu ikan nila bumbu rempah menambah selera bagi Jupri (kiri) di warung makan kesukaannya di Desa Sumber Nadi, Kecamatan Ketapang, Lampung Selatan, Sabtu (6/2/2021) – Foto: Henk Widi

Cita rasa khas dari kunyit, sereh berpadu dengan bumbu lain dan renyahnya ikan nila yang telah digoreng. Bumbu yang meresap hingga ke bagian dalam serta empuknya daging dan duri, membuat ia tak melewatkan setiap bagian ikan nila yang tersaji.

Ikan nila bumbu rempah menurut Jupri jadi menu yang lezat saat disantap bersama lalapan. Ikan nila yang memiliki nilai gizi tinggi sebutnya bisa jadi penambah stamina tubuh.

Mempergunakan beragam bumbu rempah imunitas tubuh saat musim penghujan akan meningkat. Ia bahkan kerap memesan ikan nila bumbu rempah untuk keluarganya sebagai oleh-oleh.

Lihat juga...