Okupansi Hotel Berbintang di Parapat Masih di Angka 80 Persen

Marketing Manager Inna Parapat Hotel, Zoelfitri – Foto Ant

MEDAN – Tingkat hunian atau Okupansi hotel berbintang di daerah tujuan wisata Parapat dan Berastagi, Sumatera Utara (Sumut), masih bertahan di angka rata-rata 80 persen. Bakan sempat mencapai angka 90 persen di saat libur Imlek yang lalu.

“Hunian hotel di Inna Parapat Hotel masih 79,41 persen dan diperkirakan masih bertahan hingga akhir pekan,” ujar Marketing Manager Inna Parapat Hotel, Zoelfitri, Rabu (17/2/2021).

Jumlah kamar hotel yang bisa dijual Inna Parapat Hotel ada 94 kamar. Dan tingkat hunian hotel yang tinggi itu terjadi sejak menjelang Imlek 11 Februari. Menjelang imlek, hunian hotel masih sebesar 66,67 persen dan di libur Imlek hampir 90 persen. “Hunian hotel di Februari, tercatat meningkat dibanding rata-rata Januari yang 68,56 persen. Hotel lain juga mengalami hal sama,” tambahnya.

Menurutnya, tamu hotel di Inna Parapat sebagian besar merupakan warga Sumut. “Sejak COVID-19, tamu dari luar Sumut apalagi luar negeri sangat kecil jumlahnya. Kecuali ada acara nasional, ” katanya.

Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Sumut, Denny S Wardhana mengakui, berdasarkan laporan dari manajemen hotel di Parapat dan Berastagi, hunian hotel di daerah tersebut tren-nya membaik di awal 2021. Peningkatan hunian hotel terjadi sejak malam tahun baru, dan disusul libur Imlek. “Semoga jadi tanda-tanda baik untuk bisnis hotel dan restoran di 2021,” ujar Denny.

Lihat juga...