Pak Biakto Selalu Bekerja Serius, Disiplin, dan ‘Perfect’

Editor: Koko Triarko

YOGYAKARTA – Di antara para kolega, kerabat, rekan kerja, Subiakto Tjakrawerdaja dikenal sebagai sosok yang sangat serius, detail, serta disiplin dalam bekerja.  

Sekretaris Yayasan Damandiri, Firdaus, menyebut selama memimpin Yayasan Damandiri sejak 2016, Pak Biakto dikenal sebagai sosok pemimpin yang tak pernah berhenti mendorong setiap bawahannya untuk bekerja secara perfect.

“Beliau (alm) itu selalu bekerja secara perfect dan mendetail. Begitu memimpin yayasan, beliau ingin kita memiliki SOP yang baik dan administrasi yang bagus. Ditunjukkan dengan memiliki ISO. Setiap hal yang dijalankan harus sesuai aturan, serta rencana yang telah disusun sebelumnya. Beliau juga ingin semua anak buahnya bekerja seperti itu. Agar bisa meninggalkan sesuatu yang bermanfaat,” katanya.

Hal senada juga diungkapkan Bendahara Yayasan Damandiri, Siswanto Djojodisastro, yang mengaku sangat terkesan dengan komitmen Pak Biakto terhadap visi misi Yayasan Damandiri.

“Beliau (alm) mengajarkan kita agar selalu bekerja dengan tertib, memiliki pola kerja, dasar pemikiran, serta tujuan yang jelas. Setiap langkah harus sistematis. Sehingga program jelas dan terlihat perkembangannya dari tahun ke tahun. Dan, memang hasilnya selalu positif,” ungkapnya.

Salah satu hal yang juga patut menjadi contoh bagi generasi muda, menurut Siswanto adalah sikap Pak Biakto yang tidak pernah sungkan untuk meminta masukan dari siapa pun. Termasuk berdiskusi atau berdialog dan bertukar pikiran dengan bawahannya.

“Beliau sebenarnya tengah menulis buku mengenai Ekonomi Pancasila, yang berisi tentang dasar-dasar ekonomi di Indonesia, koperasi, dan lain-lain. Saat proses penyusunan buku tersebut, beliau itu tidak sungkan untuk berdialog dan bertukar pikiran dengan siapa pun. Termasuk saya, yang bukan bukan menteri atau siapa pun,” katanya.

Awal 2021, Sabtu (1/1/2021), Mantan Menteri Koperasi dan UKM era Orde Baru, Subiakto Tjakrawerdaya, wafat di usia 76 tahun. Lahir di Cilacap, Jawa Tengah, 30 Juli 1944, Subiakto merupakan Menteri Koperasi Indonesia pada 1993-1998 pada Kabinet Pembangunan VI dan VII di masa pemerintahan Presiden Soeharto.

Setelah tak menjabat sebagai menteri, Subiakto tetap aktif di bidang perekonomian dan perkoperasian, dengan menjadi pengurus Yayasan Damandiri, yang didirikan oleh HM Soeharto sebagai pribadi.

Pada Agustus 2016, almarhum yang sebelumnya menjabat sebagai sekretaris, didaulat sebagai ketua yayasan hingga akhir hayatnya. Semasa hidup, Pak Biakto, sapaan akrabnya, dikenal sangat konsen untuk memajukan perekonomian Indonesia lewat koperasi.

Lihat juga...