Pecundangi Nantes 2-0, Lille Ambil Alih Puncak Liga Prancis

Pemain Lille, Jonathan David (kanan), merayakan golnya ke gawang Nantes bersama rekan setimnya, Timothy Weah, dalam laga pekan ke-24 Liga Prancis di Stadion La Beaujoire Louis, Nantes, Minggu (7/2/2021) – Foto Ant

JAKARTA – Lille OSC, kembali mengambil alih puncak klasemen Liga Prancis dari tangan Olympique Lyon, usai memecundangi Nantes 2-0 dalam laga pekan ke-24 Liga Prancis, yang berlangsung di Stadion La Beaujoire Louis, Nantes, Minggu (7/2/2021) waktu setempat atau Senin (8/2/2021) dinihari WIB.

Berkat kemenangan tersebut, Lille mengumpulkan 54 poin atau terpaut dua angka dari Lyon, yang sehari sebelumnya menang atas Strasbourg 3-0. Lille juga memperpanjang tren positif menjadi enam laga dengan kemenangan. Sementara bagi Nantes, hasil tersebut membuatr mereka melewati tren buruk 15 laga tanpa kemenangan. Mereka terdampar di posisi 18 dengan koleksi 19 poin.

Lille, yang tengah dalam kondisi kepercayaan diri tinggi untuk terus menjaga jarak dari kejaran dua rival terdekatnya yakni Lyon dan Paris Saint-Germain, tampil menyerang sejak awal-awal laga. Anak asuh Christophe Galtier, tak memberikan ruang sedikitpun bagi Nantes untuk mengembangkan permainan. Serangan-serangan Nantes kerap muntah saat akan memasuki kotak penalti Lille.

Tim tamu mengawali serangan melalui aksi Luiz Araujo, yang dilengkapi sepakan Jonathan Bamba. Namun bola masih belum menemui sasaran. Barulah saat peluang ketiga, Lille mampu unggul 1-0, berkat sepakan Jonathan David di dalam kotak penalti. Nantes bereaksi atas ketertinggalan itu lewat aksi Ludovic Blas. Sayangnya bola mampu diblok barisan pertahanan Lille. Sepanjang babak pertama, belum ada peluang yang bisa membahayakan gawang Lille.

Di paruh kedua, Lille tak mengendurkan serangan. Dua peluang tercipta melalui kaki Jonathan David dan Jonathan Ikone, sayangnya kedua sepakan belum menemui sasaran. Gempuran-gempuran Lille baru membuahkan hasil saat laga berjalan 83 menit. Menerima umpan sodoran Renato Sanchez, Jonathan David mampu melepaskan tendangan yang tak bisa ditepis kiper Nantes, Alban Lafont. Hingga bubaran skor 2-0 untuk kemenangan Lille tetap bertahan.

Di laga lain, Monaco sukses membekuk tuan rumah Nimes, dalam drama tujuh gol. Laga yang berakhir 4-3 untuk kemenangan Monaco itu berjalan sengit. Monaco sempat unggul dua gol lebih dulu melalui sepasang gol Aleksandr Golovin, sebelum direspon Nimes untuk memaksa kedudukan kembali imbang 2-2 melalui kaki Lucas Deaux dan Zinedine Ferhat.

Pada babak kedua, Golovin mencetak gol ketiganya dan diiringi gol tambahan Kevin Volland untuk membawa Monaco unggul 4-2. Nimes hanya bisa mengejar satu gol lagi, untuk kemudian laga berkesudahan 4-3. Atas hasil ini Monaco menyamai poin Paris Saint-Germain dengan 48 poin. PSG sendiri baru akan bertanding dalam laga lebih larut melawan Marseille. Sementara Nimes, terpuruk di dasar klasemen setelah hanya mengumpulkan 15 poin. (Ant)

Lihat juga...