Pedagang Pasar di Solo Mulai Divaksin Covid-19

SOLO – Para pedagang pasar tradisional Kota Solo di Pasar Gede dan Pasar Klewer, mulai mengikuti penyuntikan vaksin Covid-19 yang dilakukan pada Sabtu (27/2/2021). Salah satu pedagang di Pasar Klewer, Sumarni, mengatakan tidak ada persiapan apa pun untuk mengikuti penyuntikan vaksin ini. Meski demikian, ia agak khawatir karena tekanan darah di atas normal.

“‘Nggak takut, tetapi tekanan darah agak tinggi, tidak ada persiapan apa-apa juga,” kata pedagang yang sudah berjualan pakaian di Pasar Klewer selama 10 tahun terakhir.

Pedagang lain, Sarjono, mengatakan sudah mengetahui bahwa dia terdaftar untuk divaksin dari Paguyuban Pedagang Pelataran Pasar Klewer (P4K). Selanjutnya, dikatakannya ada sosialisasi dari DKK Surakarta.

“Pada sosialisasi tersebut diberitahukan bahwa ada cara-caranya, diminta agar tidak usah takut. Ini tadi habis disuntik juga tidak terasa pegal sama sekali,” katanya.

Pada kesempatan yang sama, Wali Kota Surakarta, Gibran Rakabuming Raka, mengatakan untuk jumlah pedagang Pasar Gede yang mengikuti vaksin sebanyak 680 orang, dan Pasar Klewer 3.800 orang.

“Ini kan Sabtu-Minggu, kami selesaikan Pasar Gede. Kalau Pasar Klewer hari ini sampai Jumat,  karena pedagangnya banyak. Kemudian dilanjutkan Pasar Depok dan Pasar Harjodaksino,” katanya.

Ia mengatakan, pedagang juga kompak mengikuti vaksin dan tidak ada penolakan dari mereka. “Tidak ada keluhan sama sekali. Saya salut sekali sama pedagang Pasar Gede,” katanya. (Ant)

Lihat juga...