Pedasnya Beberuk Khas Lombok Menggugah Selera Makan

Editor: Mahadeva

JAKARTA – Beberuk, menu makanan khas Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), yang terbuat dari sayur segar, rasa pedasnya mampu menggugah selera makan, Menu pedas dan segar tersebut didapatkan dari kacang panjang dan ketimun.

Semua bahan itu disajikan mentah, dengan cara dipotong-potong kecil. Kewudian dipadukan dengan sambal tomat yang pedas. Aduk rata potongan sayur tersebut dengan sambalnya, sehingga saat disantap aroma pedas yang didapat akan menambah kenikmatan.

“Kalau di Jawa Barat itu ada karedok dengan bumbu kacang. Nah, di Lombok ada Beberuk, paduan lalapan terong, kacang panjang dan ketimun yang dipotong-potong, lalu siram dengan sambal mentah dan aduk rata,” ujar Endar Retnowati, pedagang ayam taliwang di Saung Tribuana, di Jalan RA Fadillah, Jakarta Timur, kepada Cendana News, Sabtu (20/2/2021).

Beberuk khas Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) buatan Endar Retnowati siap disajikan untuk pembelinya di Saung Tribuna, di Jalan RA Fadillah, Jakarta Timur, Sabtu (20/2/2021). foto: Sri Sugiarti.

Di Lombok, Beberuk menjadi makanan pendamping ayam bakar taliwang. Namun, bisa juga disandingkan dengan cumi bakar, telur dadar, ayam goreng, ikan nila goreng, tempe dan tahu goreng, bahkan ikan asin.  “Beri perasan air jeruk limau dan irisan bawang merah di atas sambalnya, rasa Beberuk ini segar dan pedas menggugah selera makan, dan cocok disandingkan dengan beragam hidangan,” ungkapnya.

Cara membuat Beberuk, sayuran segar terlebih dulu direndam di dalam air garam, agar warnanya tidak berubah hitam. Setelah direndam, lalu sayur mayur tersebut dipotong-potong kecil.

Untuk bahan sambal, cabai rawit merah, terasi, tomat dan garam. Kesemuanya diuleg namun jangan sampai terlalu halus. Kemudian sambal itu diaduk rata dengan potongan sayur, lalu berikan irisan bawang merah dan perasan air jeruk limau.  Dan Beberuk khas Lombok bercita rasa pedas dan segar siap disajikan untuk disantap penikmatnya. “Satu porsi Beberuk ini murah kok cuma Rp 5.000,” ujar Endar.

Erlina, salah seorang penikmat Beberuk khas Lombok, mengaku sangat menikmati makanan berbahan lalapan ini.  “Saya makan Beberuk ini saat berkunjung ke Lombok, dulu. Nah, ternyata di Jakarta juga ada yang jual, seperti terobati kangen untuk menyantapnya, pedas segar. Ada ayam taliwang juga jadi komplit,” ujar Erlina, kepada Cendana News saat ditemui di Saung Tribuana, Sabtu (20/2/2021).

Lihat juga...