Pemandian Air Panas Cibolang Ramai Pengunjung

Editor: Koko Triarko

BANDUNG – Meski penyebaran Covid-19 di Tanah Air belum sepenuhnya berhasil dikendalikan, namun animo masyarakat untuk berpergian ke tempat-tempat wisata kian meningkat. Pemandian Air Panas Cibolang, misalnya. Hampir setiap akhir pekan, jumlah pengunjungnya mengalami lonjakan. Meski demikian, pihak pengelola mengaku tidak mengabaikan penerapan protokol kesehatan.

“Seluruh pengunjung kami wajibkan mematuhi protokol kesehatan. Tidak ada toleransi terkait hal ini, bila mereka tidak disiplin, pasti kami tertibkan,” ujar pengelola Pemandian Airpanas Cibolang, Firman Sabri, di lokasi wisata yang berada di Pangalengan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Minggu (28/2/2021).

Firman Sabri (paling kanan) pengelola Wisata Pemandian Air Panas Cibolang saat ditemui di Pangalengan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Minggu (28/2/2021). –Foto: Amar Faizal Haidar

Firman mengatakan, pihaknya telah membatasi pengunjung maksimal 50 persen dari total kapasitas tempat. Selain itu, pemandian air panas Cibolang juga tidak lagi menerima kunjungan di malam hari.

“Kami tidak ingin tempat ini menjadi klaster penyebaran Covid, karena itu batul-betul kami jaga. Dan, tentu aturan ini juga dalam rangka memberikan kenyamanan bagi para pengunjung,” tandas Firman.

Untuk memasuki area wisata Cibolang, pengunjung dikenakan tarif Rp20.000 per orang. Ada pun untuk parkir kendaraan dikenakan tarif Rp10.000 untuk mobil, Rp5.000 untuk motor, dan Rp35.000 untuk bus.

Wiwin, seorang pengunjung asal Ciparay yang ditemui Cendana News di lokasi, mengaku sudah cukup lama ingin berlibur bersama keluarga di pemandiam air panas Cibolang. Pasalnya, selain bisa menikmati wahana kolam berena, di tempat tersebut juga disiapkan berbagai fasilitas permainan anak.

“Sudah lama mau ke sini. Cuma kan karena di berita orang yang positif corona masih banyak, jadi takut berpergian. Alhamdulillah sekarang bisa kesampaian juga liburan bareng keluarga. Dan, memang protokol kesehatan di sini ketat, kita juga merasa aman,” kata Wiwin.

Lebih lanjut, Wiwin mengatakan berendam di air panas Cibolang juga bagus untuk kesehatan. Dengan demikian, wisata Cibolang tidak hanya untuk berlibur, tapi juga untuk menyehatkan tubuh.

“Di sini kan airnya alami, dari gunung Wayang Windu. Terus suasananya sejuk, bisa membantu menghilangkan stres sehabis kerja berat,” pungkasnya.

Lihat juga...