Pemkot Yogyakarta Kembali Buka Layanan Drive Thru Cetak KTP-el

Layanan drive thru cetak KTP-el di area parkir kompleks Balai Kota Yogyakarta untuk penggantian KTP-el yang rusak atau hilang – foto Ant

YOGYAKARTA – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Yogyakarta, kembali membuka layanan drive thru pencetakan KTP-el. Pelayanan dibuka di halaman parkir kompleks Balai Kota Yogyakarta, seperti sebelumnya.

Pelayanan tersebut sempat dihentikan, menjelang akhir Desember 2020. “Hari ini, untuk pertama kalinya layanan dibuka kembali. Memang masih ada kendala karena sebagian pegawai work from home (WFH), tetapi kami tetap berupaya membuka layanan cetak e-KTP,” kata Kepala Bidang Pelayanan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Yogyakarta, Bram Prasetyo, Senin (15/2/2021).

Menurutnya, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Yogyakarta sedianya akan membuka kembali layanan drive thru  pada Januari 2021. Namun, kemudian muncul kebijakan Pelaksanaan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), yang memengaruhi kebijakan pegawai 75 persen WFH. “Karena saat ini sudah ada aturan WFH 50 persen, layanan ini kami buka kembali. Kami optimalkan pegawai yang WFH untuk layanan drive thru,” kata Bram.

Pembukaan layanan drive thru untuk KTP-el siap cetak, diharapkan mampu mengurangi beban pegawai yang memberikan pelayanan kependudukan di Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil. “Setiap hari, rata-rata ada 130 permohonan layanan administrasi kependudukan yang kami proses. Sebagiannya adalah untuk KTP-el,” katanya.

Seperti tahun lalu, layanan drive thru akan dibuka setiap Senin hingga Kamis dari pukul 09.00 WIB hingga 13.00 WIB. Masyarakat dapat melakukan pencetakan ulang untuk KTP yang rusak atau hilang, tanpa melakukan perubahan biodata.

Pemilik KTP-el yang rusak, wajib membawa KTP yang rusak dan KK untuk bisa melakukan cetak ulang, sedangkan untuk KTP yang hilang wajib menyertakan surat kehilangan dari kepolisian. Bagi masyarakat yang akan melakukan perubahan biodata atau melakukan perekaman data kependudukan untuk mendapat KTP-el, dapat mengajukan permohonan ke Dindukcapil melalui nomor WA terlebih dahulu.

Pelayanan akan dilakukan di Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil. “Untuk ketersediaan blangko KTP-el masih mencukupi, sangat cukup sehingga tidak perlu khawatir sudah datang ke drive thru tetapi tidak terlayani,” pungkasnya. (Ant)

Lihat juga...