Pemprov Sulsel Siapkan Lahan Peternakan Sapi 5.000 Hektare

MAKASSAR – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Selatan menyiapkan lahan peternakan sapi seluas 5.000 hektare di Seko, Luwu Utara, sebagai upaya menjadikan Sulsel lumbung daging nasional.

Penyiapan lahan peternakan sapi ini juga sebagai tindak lanjut kesepakatan antara PT Sulsel Citra Indonesia (Perseroda) dan PT Widodo Makmur Unggas untuk pengembangan sapi dan beberapa ternak di Sulsel.

“Terkhusus legal standing terkait 5.000 hektare lahan, yang akan kami jadikan sebagai tempat untuk pengembangan (peternakan sapi),” kata Direktur Utama Perseroda HM Taufik Fachruddin dalam keterangannya di Makassar, Minggu.

“Seko dipilih oleh bapak Gubernur sebagai tempat untuk pengembangan tersebut,” sambungnya.

Ia menjelaskan, untuk pembangunan infrastruktur peternakan sapi di Kecamatan Seko, Lutra dimulai pada tahun ini.

“Keinginan pak Gubernur untuk menjadikan Sulsel sebagai salah satu lumbung daging d Indonesia. Kami  memulai tahun ini persiapan pembangunan Infrastruktur dan kesiapan awal lain,” jelasnya.

Sebagai bukti keseriusan, PT Perseroda Sulsel juga akan melibatkan sedikitnya ada tujuh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lain baik di lingkup Pemprov Sulsel maupun di kabupaten kota.

“Diperkirakan ada 7 atau 8 OPD lain yang terlibat langsung dalam pengembangan  menjadikan Sulsel sebagai salah satu lumbung daging Indonesia,” ujarnya.

Kerjasama Perseroda Sulsel dengan Widodo group dalam pengembangan Agro Industri di Sulsel.

“Jadi nanti terintegrasi peternakan sapi, peternakan ayam, penanaman jagung, dan produksi olahan,” jelas Taufik Fachruddin. (Ant)

Lihat juga...