Lebaran CDN

Peresmian Renovasi Masjid YAMP Al Mudjahidin Diapresiasi Ulama

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

BANDUNG – Peresmian purna pugar Masjid Yayasan Amal Bakti Muslim Pancasila (YAMP) Al-Mudjahidin Pusdiklatpassus Batujajar, Bandung Barat, mendapat apresiasi sejumlah tokoh agama dan ulama, Kamis (18/2/2021).

Bahkan apresiasi peresmian renovasi masjid YAMP Al Mudjahidin Pusdiklatpassus Batujajar, datang dari Syekh Abdul Adzim bin Abdul Hadi dosen di Al Azhar Mesir, memberi ucapan selamat dan berharap masjid Al Mujahidin menjadi cahaya bagi Islam di Batujajar.

“Selamat atas peresmian Masjid Al Mudjahidin Diklatpassus Batujajar, semoga menjadi cahaya bagi Islam dan seluruh kaum muslimin di Indonesia. Semoga Allah SWT memberi keikhlasan bagi semua, baik perkataan atau perbuatan,” ujarnya melalui rekaman video.

Ia pun mendoakan agar semua bisa sampai pada bulan suci Ramadan yang diberkahi oleh Allah SWT.

Apresiasi atas peresmian renovasi Masjid YAMP Al Mudjahidin, juga disampaikan Ustaz Febri Feylian Lc, MA, dosen di kampus Telkom dan kampus Stikes Unjani, menyampaikan semoga dengan bertambahnya fasilitas masjid dapat pula menambah keimanan, khususnya bagi keluarga besar Pusdiklatpassus Kopassus Batujajar.

“Semoga semua jemaah Masjid Al Mudjahidin, dan umat Islam khususnya, bisa mencapai rida Allah, dan rida apa yang diberikan Allah pada diri kita sendiri,” ucapnya.

Aa Gym ulama kondang Jawa Barat, ikut berbahagia atas peresmian renovasi Masjid YAMP Al Mudjahidin. Ia mengaku, Kopassus sudah menjadi keluarga besarnya dan telah beberapa kali diundang di Kompleks Masjid Al Mudjahidin.

Aa Gym bersyukur atas peresmian renovasi Masjid YAMP Al Mudjahidin Batujajar, Kamis (18/2/2021). Foto: Istimewa

“Sebagai anak prajurit saya sangat bersyukur atas selesainya renovasi Masjid Al Mudjahidin Batujajar. Hanyalah orang-orang yang memakmurkan masjid Allah, yang beriman kepada Allah dengan membayar zakat dan tidak takut selain kepada Allah, mereka itu yang akan mendapatkan petunjuk. Pecinta masjid adalah pintu gerbangnya,” ujar Aa Gym.

Dia berharap, keluarga besar Kopassus juga mendapat petunjuk Allah, sehingga bisa menjalani kehidupan dengan baik, bisa berbuah mulia di dunia dan di akhirat.

Masjid YAMP Al Mudjahidin Pusdiklatpassus Batujajar, pembangunan awalnya dibangun oleh Yayasan Amal Bakti muslim Pancasila (YAMP) pada tahun 1994 melalui kebijakan pemerintah sesuai amanat sila pertama Pancasila.

Presiden Kedua RI, H. M Soeharto, menginisiasi pendirian Yayasan Amal Bakti Muslim Pancasila (YAMP) pada 17 Februari 1982. Inisiatif ini bertumpu pada upaya menumbuhkembangkan semangat gotong royong di kalangan dermawan muslim, agar bahu membahu mengumpulkan sumbangan sedekah amal jariyah secara sukarela untuk pembangunan tempat ibadah.

Saat ini,  cita-cita itu telah berhasil secara nyata, pada tahun 2009 telah mendirikan 999 unit masjid tempat beribadah umat Islam di seluruh Indonesia. Salah satu yang ada di Pusdiklatpassus Kopassus Batujajar diberi nama Al Mujahiddin.

Sejak tahun 1994, Masjid YAMP Al Mudjahidin tidak pernah dilakukan renovasi. Setelah 15 Agustus 2020 pemugaran mulai dilaksanakan dengan fokus pembongkaran genteng cor, penggantian kaso yang sudah lapuk, dan lainnya.

Pembongkaran dan penggantian plafon dari tripleks menggunakan Sunda Plafon (PVC) mendapat sumbangan dari Yayasan Amal Bakti Muslim Pancasila sebesar Rp100 juta.

Renovasi juga ikut melakukan pelebaran areal masjid samping ke seluruh sisi 2,5 meter. Hal lainnya seperti pembongkaran keramik menjadi pemasangan granit, pembangunan MCK dan tempat wudu, pengecatan menjadi warna putih.

Komandan Pusdiklatpassus Kopassus, Brigadir Jenderal TNI, Thevi A. Zebua, SE, meresmikan rampungnya proses renovasi Masjid Al-Mudjahidin Yayasan Amal Bakti Muslim Pancasila (YAMP) di Batujajar, Bandung Barat, Jawa Barat, Kamis (18/2/2021).

Peresmian Masjid Al Mudjahiddin Pusdilatpassus tersebut bertepatan dengan 39 tahun berdirinya YAMP dalam mewujudkan cita-cita mulia Presiden Kedua RI, H. M Soeharto.

Hadir dalam peresmian Masjid YAMP Al Mudjahidin meliputi Ketua MUI Bandung Barat, Pejabat Kopassus, Pamen Ahli Bidang Hukum dan Humaniter, Aspers Kopassus, Pejabat Pusdiklatpassus, Wadan, Kadeptiknik, Para Kabag, Para Danse, Katim Gumil, Dandenma, Para Kasi dan Kabalak, Pa Ku Ketua Persit KCK Cab IV Pusdiklatpassus dan pengurus.

Pihak lainnya ada perwakilan PNS, Sahabat Pusdiklatpassus Kopassus, Forkopimcam Batujajar Pendeta Berillos Panggabean (Kristen Protestan), Wahyu Dwi (Ketua Stasi Batujajar, Katolik), Made Budayasa (Hindu), Toni dan Akhmad (PT. BBS), Diah (PT. Beton Elemindo) dan Surya.

Lihat juga...