Persoalan Sampah di Tambakmulyo Semarang yang Tak Kunjung Usai

Editor: Makmun Hidayat

SEMARANG — Arifah hanya bisa pasrah, ketika timbunan sampah di lingkungan sekitar tempat usahanya kian menggunung. Imbauan yang dilakukannya, agar masyarakat tidak membuang sampah di lahan kosong, persis di bawah jembatan jalur lingkar Arteri, tidak membuahkan hasil.

Warga Tambakmulyo Kelurahan Tanjung Emas Semarang Kota Semarang tersebut, tidak bisa menyembunyikan kekecewaannya.

“Sudah berkali-kali diingatkan, tapi tetap masih ada yang membuang sampah di lokasi tersebut. Padahal lahan kosong itu, bukan tempat sampah, akibatnya semakin hari tambah banyak,” paparnya, saat ditemui di lokasi, Rabu (3/2/2021).

Arifah, warga Tambakmulyo Semarang saat ditemui di sekitar lokasi, Rabu (3/2/2021). -Foto Arixc Ardana

Dirinya menilai kondisi tersebut terjadi, selain karena minimnya kesadaran masyarakat untuk membuang sampah ditempatnya, juga dipicu tidak adanya bak sampah di sekitar wilayah tersebut.

“Ada lokasi bak sampah, tapi sampai sekarang malah tidak difungsikan. Persoalan ini sudah berkali-kali saya sampaikan kepada tokoh masyarakat, terutama ketua RT, namun sampai sekarang belum ada tindakkan,” terangnya.

Hal senada juga disampaikan Heriyanto, warga Tambakmulyo lainnya, dirinya berharap sampah-sampah tersebut, bisa diangkut dan dibuang. Kemudian ada bak sampah yang disediakan, ada petugas kebersihannya, sehingga sampah tidak menumpuk.

“Tapi sampai sekarang belum ada perkembangan. Kita sebagai warga ya hanya bisa pasrah saja,” ungkapnya.

Setali tiga uang, ketika persoalan tersebut coba Cendana News sampaikan ke Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Semarang, beberapa waktu lalu, namun hingga saat ini belum ada tindakan. Tumpukan sampah masih menggunung.

“Secara prinsip, lokasi tersebut bukan tempat pembuangan sampah. Apalagi di lokasi tersebut kondisinya rawa-rawa,” papar Kepala DLH Kota Semarang, Sapto Adi Sugihartono, saat dihubungi, Rabu (6/1/2021) lalu.

Dirinya pun menjanjikan akan melakukan pengecekan lebih lanjut, serta menyiapkan bak sampah. Termasuk, akan mengerahkan petugas untuk membersihkan sampah-sampah tersebut, namun hingga Rabu (3/2/2021), kondisi tersebut tidak berubah.

Sementara, saat coba dihubungi kembali, hingga berita ini dibuat belum ada balasan, terkait tindak lanjut persoalan sampah di Tambakmulyo tersebut.

Lihat juga...