PGRI Flotim Luncurkan Program Sensus Guru ‘Online’

Editor: Makmun Hidayat

LARANTUKA — Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Kabupaten Flores Timur (Flotim), Nusa Tenggara Timur (NTT) melahirkan sebuah program dalam melakukan pendataan guru dan tenaga kependidikan di Kabupaten Flores Timur.

“Kami lakukan sensus baik untuk guru honor maupun ASN dengan nama, Sensus Guru dan Tenaga Kependidikan 2021,” kata Ketua PGRI Kabupaten Flores Timur, Maksimus Masan Kian saat dihubungi Cendana News, Kamis (18/2/2021).

Maksi sapaannya menyebutkan, peluncuran sensus guru Flores Timur ini, bertepatan dengan pelaksanaan Konferensi Cabang PGRI Witihama yang berlangsung Sabtu (13/2/2021).

Ketua PGRI Flores Timur, Maksimus Masan Kian saat ditemui di Sekretariat PGRI di Kota Larantuka, Sabtu (13/2/2021). -Foto: Ebed de Rosary

Ia menyebutkan, sensus ini dimulai pada tanggal 13 Februari 2021 dan akan berakhir pada 1 Mei 2021.

Data guru PGRI Flores Timur, lanjutnya, resmi akan diumumkan pada tanggal 2 Mei 2021, bertepatan dengan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tahun 2021.

“Program sensus guru Flores Timur bertujuan untuk membuat database semua guru yang ada di Flores Timur dan memetakan persoalan yang dialami oleh guru,” ungkapnya.

Maksi menyebutkan, data yang terhimpun menjadi bagian yang sangat penting bagi PGRI untuk melahirkan program-program kegiatan.

Selain itu sambungnya, juga dipergunakan untuk mempengaruhi berbagai kebijakan berkaitan dengan nasib seputar profesionalisme dan kesejahteraan.

“Proses ini juga adalah bagian dari program kerja PGRI Kabupaten Flores Timur, mewujudkan PGRI Flores Timur satu data,” kata Maksi.

Sekretaris PGRI Flores Timur, Ilona Fernandez Aikoli menambahkan, program sensus guru dan tenaga  kependidikan diluncurkan secara resmi oleh ketua PGRI Flores Timur, di SMPN  Balaweling, Kecamatan Witihama, Pulau Adonara.

Ilona menyebutkan, kegiatan peluncuran ini disaksikan oleh peserta Konferensi Cabang PGRI dan disiarkan langsung melalui akun facebook dan akun youtube PGRI Flores Timur.

“Selaian peluncuran Sensus Guru Flores Timur, PGRI Kabupaten Flores Timur juga meluncurkan registrasi secara online, untuk mendapatkan Nomor Pokok Anggota (NPA) PGRI. Nomor yang dulunya sepuluh digit, sekarang 11 digit,” jelasnya.

Ilona menjelaskan, setelah mendapatkan NPA, secara otomatis akan dicetak kartu PGRI yang berlaku selama yang bersangkutan menjadi anggota aktif PGRI.

Ditambahkannya, khusus terkait kartu anggota sedang disiapkan dan segera dirilis dalam bulan Februari 2021, jika tidak ada kendala.

Adapun secara teknis, sebut dia, para guru di Kabupaten Flores Timur dapat melakukan sensus melalui link yang disiapkan.

Link pendaftaran disiapkan untuk guru PAUD, TK, SD, SMP dan SMA atau sederajat, guru kesetaraan atau PKBM dan tenaga kependidikan.Juga registrasi online untuk mendapatkan NPA PGRI selanjutnya Kartu Anggota PGRI,” pungkasnya.

Lihat juga...