PMI: Kota Sabang Butuh 150 Kantong Darah per Hari

BANDA ACEH — Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Sabang menyatakan wilayah pulau paling barat Indonesia itu membutuhkan sekitar 150 kantong darah per harinya, sehingga dibutuhkan partisipasi dari semua pihak untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

“Baik di Kota Sabang maupun Kota Banda Aceh, hampir setiap harinya membutuhkan lebih dari 150 kantong darah,” kata Ketua PMI Kota Sabang Suradji Junus dalam keterangan diterima di Banda Aceh, Jumat (5/2/2021).

Hal itu disampaikan Suradji saat menghadiri kegiatan donor darah yang digelar Komando Sektor Hanudnas III Satuan Radar (Satrad) 233 Sabang dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Komando Pertahanan Udara Nasional yang bekerjasama dengan PMI Sabang dan Banda Aceh.

Ia mengatakan kegiatan sosial yang digelar Satrad 233 Sabang itu merupakan bentuk kerja sama yang baik, sekaligus dapat membantu masyarakat yang membutuhkan pendonor darah setiap harinya.

“Alhamdulillah ini kerja sama yang baik, saya ucapkan terima kasih atas partisipasi dari semua pihak terutama dari TNI-Polri yang telah mendonorkan darahnya, yang sangat dibutuhkan bagi masyarakat setiap harinya,” katanya.

Ketua PMI Sabang yang juga menjabat sebagai Wakil Wali Kota Sabang itu berharap agar kegiatan sosial seperti itu dapat terus berlanjut ke depannya.

“Baik instansi vertikal maupun instansi pemerintah lainnya dapat ikut serta berpartisipasi melakukan kegiatan donor darah,” katanya menjelaskan.

Sementara itu, Komandan Satuan Radar 233 Sabang Mayor Lek Affan Heri Saputra menyebutkan perayaan milad itu memang diisi dengan kegiatan kemanusiaan yang bermanfaat dalam mendukung kebutuhan untuk menambah stok kantong darah di daerah Pulau Weh itu.

Pihaknya menargetkan selama kegiatan itu bisa mengumpulkan lebih 120 kantong darah, mengingat antusiasme dari semua pihak dan juga masyarakat sangat baik di Kota Sabang.

“Tentunya sinergitas antara TNI-Polri maupun dengan komponen bangsa lainnya baik itu PMI, maupun unsur-unsur yang lain tetap terjalin dengan baik. Semoga ini bisa menularkan aura sinergitas ke daerah-daerah lain di Aceh,” katanya. (Ant)

Lihat juga...