Polisi Patroli Cegah Karhutla di Kawasan Gambut Muaro Jambi

JAMBI – Kapolres Muaro Jambi, AKBP Ardiyanto, kembali melaksanakan kegiatan patroli pencegahan Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) pada lahan gambut areal konsesi PT Pesona Rimba Belantara, di Desa Betung, Kecamatan Kumpeh Ilir, Kabupaten Muaro Jambi.

Kegiatan yang dipimpin Kapolres ini diikuti juga Kabag Ops Polres Muaro Jambi, Kasat Binmas, Lantas, Intel dan Kapolsek Kumpeh Ilir, serta para personil Polsek dan Polres Muaro Jambi, kata Kasubag Humas Polres Muaro Jambim AKP Amradi, di Jambi Senin (15/2/2021).

Patroli rutin pencegahan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di wilayah Betung, khususnya di areal konsesi PT Pesona Rimba Belantara, Desa Betung, Kecamatan Kumpeh Ilir, dilakukan untuk mengetahui dan melihat langsung di lokasi, kesiapan peralatan dan sumur bor dalam menghadapi musim kemarau nanti.

Selain itu, Kapolres juga memantau apakah masih ada aksi pembalakan liar di kawasan hutan di Kumpeh Kambupaten Muaro Jambi, di mana salah satu pemicu terjadinya kebakaran hutan dan lahan, yakni adanya aktivitas perambahan hutan (illegal logging).

Dalam kegiatan ini juga memberikan edukasi kepada masyarakat pencari ikan, jika merokok dan memasak agar dimatikan sebelum pergi, karena sangat berpotensi menimbulkan titik api dan terjadi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di atas lahan gambut.

Selain melakukan patroli karhutla, kepolisian juga memberikan imbauan kepada pelaku perambahan hutan (illegal logging) untuk meninggalkan tempat, dan tidak kembali melakukan aktivitasnya lagi sebelum ditindak tegas.

Di lokasi tersebut, tim melakukan pemasangan spanduk imbauan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) pada sembilan titik, di antaranya ada dua spanduk di lokasi KM 23 lokasi konsesi eks lahan HPH PT Pesona Rimba Belantara.

Tim juga melakukan pemadaman terhadap beberapa titik api di KM 25 lokasi konsesi eks HPH PT Pesona Rimba Belantara, api berhasil dipadamkan dan diduga api berasal dari masyarakat yang beraktivitas mencari ikan di lokasi tersebut, kata AKP Amradi. (Ant)

Lihat juga...