Pontianak Mulai Diselimuti Kabut Asap, Status Siaga Karhutla

PONTIANAK  – Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak menetapkan status siaga kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) dampak dalam beberapa hari terakhir terjadi kebakaran hutan dan lahan di sejumlah lokasi sehingga mulai menyebabkan kabut asap di kota itu.

Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono di Pontianak, Kamis, mengatakan, saat ini pihaknya tengah membentuk Tim Satgas Pencegahan dan Penanggulangan Karhutla di Kota Pontianak, Kalbar.

“Dalam tim tersebut akan melibatkan unsur TNI/Polri, Pemkot Pontianak, masyarakat mulai dari tingkat kecamatan, kelurahan hingga tingkat RT/RW, termasuk pemadam kebakaran swasta,” katanya.

Tugas Tim Satgas itu nantinya memonitor kawasan lahan gambut yang rentan terjadi kebakaran serta melakukan patroli memantau titik-titik lokasi lahan gambut yang rawan terbakar atau dibakar, katanya.

“Kalau ini diterapkan, pencegahan jauh lebih maksimal sehingga kebakaran lahan bisa diantisipasi sejak dini,” kata Edi usai menghadiri rapat koordinasi antar lembaga dalam rangka upaya pencegahan dan penanggulangan Karhutla di Kalbar.

Lihat juga...