PPKM Mikro di Banjarmasin Diperpanjang Hingga 8 Maret 2021

Aktivitas penerpan protokol kesehatan di pasar Sudimampir Banjarmasin – foto Ant.

BANJARMASIN – Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) skala mikro, untuk penanganan COVID-19 di Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan, diperpanjang hingga 8 Maret 2021.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin, Machli Riyadi mengatakan, penerapan kembali PPKM skala mikro tersebut sebagai kelanjutan, dari kebijakan sebelumnya, yang berakhir pada 22 Februari 2021.

Menurut Machli Riyadi, penerapan kembali PPKM skala mikro tersebut, sesuai kesepakatan rapat Satgas COVID-19 Kota Banjarmasin. Disepakati, penerapan PPKM diperpanjang hingga dua pekan ke depan atau hingga 8 Maret 2021.

Pertimbangan penerapan kembali PPKM skala mikro, karena mengikuti instruksi Menteri Dalam Negeri No.3/2021, meski instruksi ini hanya bagi daerah pulau Jawa dan Bali. “Karena penerapan PPKM skala mikro ini bermanfaat bagi Kota Banjarmasin, untuk penanganan COVID-19, maka disepakati dilanjutkan lagi,” jelasnya.

Menurut Machli, penerapan PPKM mikro kali ini lebih ketat dibandingkan sebelumnya, khususnya terkait dengan kegiatan mengumpulkan orang banyak. “Kami akan lebih memperketat lagi kegiatan-kegiatan yang mengumpulkan orang banyak, dan kita juga akan menunjuk para camat, untuk menjadi koordinator di masing-masing wilayah,” tuturnya.

PPKM skala mikro di Kota Banjarmasin dilakukan dengan menghidupkan lagi posko penanganan COVID-19 di tingkat kelurahan, untuk mengontrol penerapan protokol kesehatan di lingkungan masyarakat.

Pada PPKM skala mikro, juga diberlakukan pembatasan kegiatan perekonomian seperti operasi rumah makan atau restoran juga cafe dan tempat perdagangan, yang dibatasi buka hingga pukul 22.00 WITA. Sejauh ini, kasus COVID-19 di Kota Banjarmasin terus bertambah, di Rabu (24/2/2021), terdapat penambahan sebanyak 43 orang. Sehingga totalnya saat ini ada 5.279 orang terkonfirmasi positif. Pasien sembuh sebanyak 4.784 orang dan yang dilaporkan meninggal dunia sebanyak 186 orang. (Ant)

Lihat juga...