Prospek Kuliner Lokal dalam Pengembangan Destinasi Wisata Indonesia

Editor: Mahadeva

JAKARTA – Berkembangnya sektor pariwisata di Indonesia, berjalan beriringan dengan perkembangan industri kuliner lokal, yang menjadi salah satu daya tarik wisata. Keanekaragaman hayati yang ada di Indonesia melahirkan keragaman cita rasa kuliner. 

Deputi Bidang Sumber Daya dan Kelembagaan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), Wisnu Bawa Tarunajaya menyebut, Indonesia dikenal sebagai negara dengan keanekaragaman hayati terbesar nomor dua di dunia.

“Karena itu, tak heran jika begitu banyak jenis kuliner dengan variasi cita rasa ada dari seluruh wilayah Indonesia. Dan kuliner ini merupakan salah satu daya tarik wisata, untuk menarik wisatawan berkunjung,” kata Wisnu, dalam peluncuran Festival Kuliner Nusantara Lampung, yang digelar ILUNI UI, Sabtu (20/2/2021).

Wisnu menyebut, kuliner juga bernilai ekonomi. Tercatat, kuliner menyumbangkan 41 persen dari porsi ekonomi kreatif untuk GDP. “Selain itu, kuliner juga berhasil menyerap 8,8 juta tenaga kerja dan menciptakan 5,5 juta pelaku industri kuliner,” jelasnya.

Industri kuliner, saat ini masih terus dikembangkan, baik dari segi penyajian, aspek kesehatan dan gizi, maupun penyesuaian cita rasa. “Juga, perlu dilakukan promosi dengan memanfaatkan teknologi digital. Agar kuliner lokal semakin dikenal di kalangan generasi muda. Selain untuk, membuat kuliner semakin dikenal juga agar meningkatkan minat generasi muda dalam mengembangkan kuliner sehat Indonesia,” tuturnya.

Ketua ILUNI UI Andre Rahadian saat acara peluncuran Festival Kuliner Nusantara Lampung secara online, Sabtu (20/2/2021) – Foto Ranny Supusepa

Ketua ILUNI UI, Andre Rahadian menyatakan, penyelenggaraan Festival Kuliner Nusantara, menjadi pemantik untuk membangkitkan ekonomi kreatif dan UMKM, yang sedang terpengaruh pandemi. “Apa yang kita ingin sampaikan adalah bagaimana kita mengedepankan nilai-nilai kebangsaan dengan mencari kesamaan dan menjauhi perbedaan. Nah, kesamaannya ya itu, dengan kuliner,” ujarnya.

Festival Kuliner Nusantara, akan digelar di beberapa provinsi, dan Lampung menjadi penyelenggara pertama. “Tunggu saja yang berikutnya. Pantau terus sosmed ILUNI UI, untuk tahu dimana Festival Kuliner Nusantara berikutnya,” pungkasnya.

Lihat juga...