Puring Apel, Tanaman Langka yang Diburu Penghobi Tanaman Hias

Editor: Makmun Hidayat

BEKASI — Budidaya tanaman hias, terus menjadi primadona di perkotaan. Salah satunya adalah jenis puring saat ini banyak diburu pencinta tanaman hias seperti saat ini lagi naik daun adalah puring apel.

Tanaman puring, adalah jenis tanaman pagar di perkampungan wilayah pegunungan. Tapi sekarang menjadi salah satu tanaman idola dengan harga selangit mencapai jutaan untuk satu tanaman.

“Keunikan jenis tanaman ini, menjadi banyak digemari. Perawatannya pun biasa dan bisa tumbuh dimana saja seperti pot atau ditanam biasa,” ungkap Mang Nunuk, pembudidaya tanaman hias di wilayah Babakan Bondol, Mustikajaya, Kota Bekasi, kepada Cendana News, Senin (23/2/2021).

Dikatakan,  tanaman ini banyak dicari karena tengah tren, di kalangan pencinta tanaman hias.  Bahkan saat ini kerap  menjadi juara dalam kontes tanaman hias.

Menurutnya jenis tanaman puring ada beberapa jenis, tapi yang banyak dicari jenis puring apel karena memiliki keunikan pada daun warna warni. Letak keunikannya pada daun dari hijau hingga berubah menjadi merah hati ketuaan dan membentuk mangkok.

“Jenis puring yang saya budidayakan ada tiga jenis, meliputi puring bunga kura, puring oscar, dan ini puring apel banyak di cari karena lebih unik dibanding lainnya,” kata Mang Nunuk.

Diakuinya dia menjual mencapai harga Rp1,5 juta untuk umur setahun. Harga tersebut lebih tinggi dibanding jenis puring lainnya karena untuk mendapatkannya pun harus ke gunung.

“Di perkampungan wilayah pegunungan tanaman puring ini hanya sebagai tanaman pembatas pekarangan rumah. Tapi sekarang lagi banyak dicari di Bekasi,” jelas Mang Nunuk.

Selain budidaya tanaman jenis puring, Mang Nunuk, juga merawat aneka jenis tanaman lain yang juga tengah diminati di wilayah Bekasi.

Pencinta tanaman hias, Budi Nugroho, mengaku menyukai aneka tanaman hias jenis puring mengatakan jenis tanaman ini memiliki bentuk tersendiri hingga mampu memberi keindahan di rumah.

“Namun dia menyarankan jangan ditanam langsung ke tanah tetapi harus di pot untuk memudahkan dalam perawatan. Karena daunnya rimbun harus di rawat sesuai selera,” tukasnya.

Dibanding tanaman lain, menurutnya puring apel, bisa mempercantik rumah dengan aneka warna tanpa harus dipupuk asal rajin siram. Puring apel, ini menjadi tanaman langka sekarang, dan banyak digemari pencinta tanaman hias.

“Saya memang tahu tanaman ini dulu sebagai tanaman pembatas pekarangan, sekarang menjelma sebagai tanaman mahal di perkotaan,” ujar Budi.

Lihat juga...