Pusat Oleh-oleh Pontianak Alami Penurunan Pembeli Hingga 90 Persen

PONTIANAK — Pusat belanja oleh-oleh di Kota Pontianak saat ini mengalami penurunan hingga mencapai 90 persen, sebagai dampak pandemi COVID-19 yang masih melanda negeri ini, bahkan dunia.

“Saat pandemi ini, penurunan pengunjung bisa mencapai 90 persen,” ujar Ikram, satu di antara pedagang di pusat oleh-oleh PSP Pontianak saat ditemui di toko miliknya, Jumat.

Menurut dia, pandemi ini memberikan dampak yang besar bagi penjualan di tokonya. Sedikitnya jumlah pengunjung yang datang mengakibatkan pendapatan ikut turun drastis.

“Sepinya wisatawan yang berkunjung mengakibatkan berkurangnya jumlah penjualan,” kata dia.

Untuk mencari solusi minimnya pembeli dan berdampak pada penjualan, sejumlah pedagang membatasi penambahan stok barang selama pandemi.

“Sementara ini kita menjual barang yang ada dulu. Kalau untuk menambah stok kita masih belum berani karena belum tahu kapan pandemi berakhir,” katanya.

Senada juga disampaikan pedagang lainnya, Syarifa. Menurutnya semenjak pandemi COVID-1 pada Maret 2020 lalu, hanya warga lokal saja yang membeli barang souvenir tersebut.

“Biasanya yang beli di sini orang Jakarta dan daerah luar lainnya, tapi setelah pandemi ini cuma orang-orang daerah sini saja yang beli,” katanya.

Pedagang lainnya Tisa saat ini mengaku bahwa penjualan mengalami penurunan drastis dampak pandemi COVID-19.

“Penjualan jauh menurun dan berdampak pada pendapatan mencapai 50 persen. Meski demikian kami tetap melakukan penjualan, dan stok yang ada adalah yang baru,”ujar satu di antara pedagang PSP, Tisa.

Tisa yang merupakan pemilik toko Telok Belanga menjual berbagai oleh-oleh khas Kalbar seperti baju, miniatur Tugu Khatulistiwa hingga makanan khas daerah.

Menyikapi kondisi pandemi yang masih berlangsung hingga saat ini, Tisa memaksimalkan pemasaran secara online.

“Penjualan secara online sudah berjalan dari sebelum pandemi. Saat pandemi kita juga sudah memaksimalkan pemasaran online. Akan tetapi hasilnya masih tetap sepi,” katanya.

Pusat oleh-oleh terbesar di Kalbar ini sendiri menjual berbagai macam cenderamata mulai dari aksesoris, kain, pakaian adat, miniatur tugu khatulistiwa hingga makanan khas daerah.

Tempat ini tentunya menarik para wisatawan luar daerah yang datang berkunjung ke Kota Pontianak dan ingin membeli oleh-oleh untuk dibawa pulang ke daerahnya. [Ant]

Lihat juga...