Racikan Bumbu Mi Ayam Wonogiri Pertigaan Asem Babelan Menggugah Selera

Editor: Mahadeva

BEKASI – Daerah Wonogiri, Jawa Tengah, selama ini dikenal dengan menu kuliner mi ayam dan bakso. Tak heran, di berbagai wilayah termasuk di Bekasi, mudah ditemui penjual Mi Ayam dan Bakso Wonogiri.

Seperti Mi Ayam dan Bakso Wonogiri yang ada di Petigaan asem Gedung Pengawas, Kecamatan Babelan, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat. Mi Ayam yang disajikan memiliki ciri khas bumbu tersendiri. “Mi Ayam Wonogiri memiliki racikan bumbu berbeda dengan yang biasanya, yang hanya manis. Tapi disini pasti berbeda,” ujar Mas Gandhen, sang penjual kepada Cendana News, Sabtu (6/2/2021).

Gandhen menyebut, Mi Ayam Wonogiri Babelan selama menjadi favorit. Selain karena lokasinya strategis sehingga mudah dijangkau, suasana yang bernuansa pedesaan juga mendukung orang untuk datang membeli. Dibantu beberapa orang pekerja, Gandhen setiap hari menyajikan mi yang diambil dari Tegal dan Wonogiri.

Mi Ayam Bakso Wonogiri, jadi pilihan favorit di pertigaan asem, Gedung Pengawasan, Babelan, Kabupaten Bekasi. Mi ayam ini menyegarkan, Sabtu (6/2/2021) – Foto : M Amin.

Mereka juga meracik bumbu dan bakso, sebagai menu tambahan mi. “Mi Ayam tentunya sama saja, untuk bahan bakunya, daun Saledri, mi kuning, ayam cacah. Tapi Mi Ayam Wonogiri berbeda pada racikan bumbu kuahnya, tidak hanya manis, tapi ada rasa pedas untuk memberi kesegaran,” jelasnya.

Untuk satu mangkok Mi Ayam Bakso, Gandhen hanya memasang bandrol Rp15 ribu. Ukuran bakso yang jumbo cukup mengeyangkan. “Alhamdulillah, saat ini sudah memiliki pelanggan tersendiri,” tukas lelaki yang mengaku memproduksi sendiri mi yang dijualnya. Ganden mengklaim, tidak ada campuran bahan pengawet pada mi buatannya. Begitupun untuk bakso, setiap hari dipastikan baru. Hal itu untuk menjamin rasa dan kualitas. Bisa dilihat dari tampilan bakso dan mi yang selalu segar.

Kesegaran mi ayam bakso Wonogiri Gandhen diakui seorang pelanggan bernama Dharma, warga Mustikajaya yang mengaku sebagai penikmat mi ayam. Menurutnya, Mi Ayam Wonogiri Mas Gandhen, berbeda rasanya bila dibandingkan dengan mi ayam lainnya. “Kalau lewat, pasti saya mampir lagi, segar dan baksonya juga enak itu. Berbeda dengan mi ayam biasanya. Udah begitu, harganya standar banget,” ucap Dharma merekomendasikan.

Lihat juga...