Rajin Konsumsi Empon-empon, Tingkatkan Imunitas Tubuh

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

SEMARANG – Imunitas tubuh berperan penting dalam menjaga kesehatan. Di lain sisi, ada banyak cara untuk meningkatkan imun. Selain menerapkan pola hidup sehat, olahraga teratur, makan makanan bergizi hingga istirahat yang cukup, tubuh juga perlu pendorong agar stamina tetap terjaga.

Salah satunya dengan rutin mengonsumsi beragam rempah atau empon-empon, seperti jahe, kunyit, temulawak, cengkeh, kayu manis, kapulaga, serai, kencur hingga bunga lawang.

“Sejak dulu nenek moyang kita sudah menggunakan empon-empon atau rempah, untuk menjaga kesehatan tubuh. Khususnya masyarakat Jawa, yang lebih mengenalnya dengan jamu. Ada beragam manfaat yang bisa diperoleh,” papar Dr. V. Kristina Ananingsih, Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan, sekaligus dosen Fakultas Teknologi Pertanian Unika Soegijapranata Semarang, saat dihubungi di Semarang, Jumat (26/2/2021).

Dipaparkan, beragam tanaman rempah atau empon-empon, apabila diminum secara teratur dan benar, akan memberikan efek positif pada tubuh. Termasuk untuk meningkatkan daya tahan tubuh, agar tidak mudah terserang penyakit.

“Misalnya, jahe. Rempah ini mengandung gingerol, shogaol, paradol, zingeron yang menghambat enzim siklooksidase dan memperlambat pembentukan prostaglandin atau perantara terbentuknya radang di jaringan, serta sintesis leukotrien, yang menyebabkan rasa sakit,” terang mantan Dekan Fakultas Teknologi Pertanian Unika tersebut.

Pihaknya pun mendorong agar masyarakat dapat mengonsumsi secara rutin beragam rempah atau empon-empon tersebut, sebagai upaya untuk meningkatkan daya tahan atau imun tubuh.

Selain jamu, pemanfaatan rempah tersebut juga bisa dalam minuman empon-empon. Bahan yang digunakan pun seluruhnya alami. Tidak hanya enak, namun juga berkhasiat untuk daya tahan tubuh.

“Khasiat empon-empon atau rempah untuk meningkatkan daya tahan tubuh, juga pernah disampaikan Profesor Chairul Anwar Nidom dari Unair Surabaya, menyebutkan bahwa dengan mengonsumsi rempah, yang mengandung curcumin yakni jahe, temulawak, serai, kunyit dan sejenisnya, bisa meningkatkan daya tubuh sehingga menangkal virus corona,” papar pemilik usaha Wedang Rempah Mbah Kung, Wawan, saat ditemui di warung miliknya di kawasan Arteri Soekarno Hatta, Semarang, Jumat (26/2/2021).


Pemilik usaha Wedang Rempah Mbah Kung, Wawan, tengah meracik beragam rempah untuk disajikan sebagai minuman herbal, saat ditemui di warung miliknya di kawasan Arteri Soekarno Hatta Semarang, Jumat (26/2/2021). Foto: Arixc Ardana

Bahkan jauh sebelum virus corona terjadi, pihaknya sudah mengenalkan beragam minuman empon-empon, yang berkhasiat untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

“Contohnya, wedang GWS atau Get Well Soon, atau semoga cepat sembuh kalau diartikan. Bahannya berupa jahe, bunga lawang, kunyit, sereh, jeruk nipis peras atau jeniper, serta gula batu. Khasiatnya untuk mengeluarkan racun dalam tubuh, antioksidan, menjaga kesehatan pencernaan, hingga menurunkan kolesterol dan tekanan darah,” paparnya.

Selain itu juga Wedang JSR, dengan komposisi jahe, kunyit, jeniper, madu, sereh dan kayu manis, serta Wedang Bugar berisikan kayu secang, daun pala, daun cengkeh, batang cengkeh, kapulaga, jahe, keningar dan daun kayu manis.

“Kesemuanya digunakan untuk menjaga kesehatan tubuh, agar badan tetap bugar dan tetap sehat,” tandasnya.

Hal senada juga disampaikan Ripai, warga Semarang, yang rutin mengonsumsi minuman rempah atau empon-empon.

“Seperti contohnya sekarang ini, badan saya agak kurang fit karena kurang tidur. Jadi saya minum wedang GWS. Biasanya, setelah itu badan kembali segar dan fit. Ini menjadi salah satu upaya untuk menjaga kesehatan, dengan memanfaatkan kearifan lokal dengan memanfaatkan beragam rempah atau empon-empon,” pungkasnya.

Lihat juga...