Lebaran CDN

Roti Goreng Isi Kurma Menu Sehat Pengganti Sarapan

Editor: Mahadeva

Roti goreng isi kurma, adalah kreasi yang bisa dibuat sendiri di rumah dnegan bahan baku terjangkau. Sehat dan bisa menjadi menu sarapan buat keluarga, Sabtu (27/2/2021) – Foto M Amin

BEKASI – Aneka roti, biasanya dijadikan sebagai teman meminum ngopi, sarapan. Biasa dinikmati saat berkumpul bersama keluarga, karena mudah disajikan dan dianggap sebagai jajanan sehat.

Menu roti goreng isi, bisa disimpan untuk stok konsumsi dalam beberapa hari. Dan bisa dijadikan bahan perbekalan saat melakukan perjalanan. Roti goreng isi bisa dibuat sendiri di rumah dengan memanfaatkan bahan isian seperti meses, keju, dan selai.

Salah satu bahan isian yang bisa menjadi pilihan kurma. “Roti isi kurma, sama dengan roti isi lainnya. Biasanya dibuat isian coklat atau meses. Tapi kali ini saya membuat isi kurma dipadu coklat,” ujar warga Bekasi, Nyoya Haspian, kepada Cendana News, Sabtu (27/2/2021).

Nyonya Hasfian berbagi resep membuat roti goreng, atau donat ala rumahan dengan bahan baku murah simple dan bisa dikerjakan di rumah, Sabtu (27/2/2021) – Foto M Amin

Untuk bahan baku, tidak berbeda dengan proses pembuatan roti goreng lainnya. Roti goreng isi kurma tersebut, bisa menjadi pilihan untuk menu sarapan atau makan pagi.

Membuat roti goreng, bisa dengan cara memadukan kentang atau singkong rebus yang dihancurkan dengan tepung. Adapun bahan baku, untuk roti goreng, yang bisa dipraktekkan sendiri di rumah seperti, tepung terigu, pengembang roti, ragi instan, gula pasir, susu bubuk, mentega, dan air es,

Cara membuatnya, kocok telur dengan gula, kemudian masukkan ragi instan dan susu ke dalam kocokan telur dan aduk sampai tercampur rata. Lalu masukkan susu, ragi instan, dan pengembang roti. Tambahkan sedikit garam.

Masukkan tepung dan air es, aduk lalu masukkan mentega. Dan uleni campuran hingga kalis, lalu bisa dibentuk sesuai selera. Siapkan isian kurma, meses atau bahan lain sesuai selera. Cara termudah, adonan dibulatkan lalu pipihkan adonan dan masukkan kurma dan kembali bentuk menjadi bulatan. Setelahnya digoreng dengan api kecil. “Tapi jangan langsung di goreng, setelah adonan selesai,m biarkan beberapa waktu. Kemudian dibentuk sesuai selera,” jelas Nyonya Hasfian.

Lihat juga...