Rumah Rusak Terdampak Puting Beliung di Lamsel, Diperbaiki

Editor: Makmun Hidayat

LAMPUNG — Sejumlah warga Dusun Umbul Besar, Desa Bandar Agung, Kecamatan Sragi, Lampung Selatan, bergotong royong mengevakuasi barang dan memperbaiki rumah imbas angin puting beliung. Terpantau terdapat 14 rumah alami kerusakan bagian atap, sementara 1 rumah roboh.

Darmawan, salah satu warga menyebut rumah yang roboh merupakan milik Napia sang ibu. Angin puting beliung sebutnya menerjang pada Minggu petang (14/2/2021). Imbas rumah sang ibu roboh kerugian diestimasi mencapai puluhan juta.

Meski demikian, imbas angin puting beliung dipastikan tidak melukai pemilik rumah. Pemilik sementara diungsikan ke rumah kerabat yang aman.

Darmawan menyebut warga baru bisa bergotong royong membersihkan rumah yang rusak pada Senin (15/2/2021). Rumah terdampak puting beliung sebutnya sebagian berdinding papan dan beratapkan asbes. Evakuasi sejumlah barang yang berada di rumah dilakukan untuk mempermudah perbaikan rumah. Rumah yang roboh sebutnya menimpa perabotan dan dua motor.

“Saat kejadian rumah roboh ada ibu dan kakak namun bisa segera menyelamatkan diri hanya alami kerugian kerusakan sejumlah barang,pemerintah desa telah melakukan survei untuk mengecek kerusakan imbas puting beliung,” terang Darmawan saat ditemui Cendana News, Senin (15/2/2021).

Gotong royong oleh warga sebut Darmawan dilakukan secara bertahap. Sebab rumah yang roboh tersebut berpotensi membahayakan pemilik rumah sehingga harus diperbaiki total. Ia berharap pemerintah bisa memberikan bantuan pada sejumlah rumah rusak imbas angin puting beliung. Selain potensi angin kencang di wilayah tersebut rentan banjir saat penghujan.

Ahmat Rizal, anggota Kampung Siaga Bencana (KSB) Harapan Baru, Desa Bandar Agung menyebut telah mengerahkan personel untuk membantu warga. Saat musim penghujan di wilayah tersebut potensi bencana banjir dan angin puting beliung mengancam. Selain membantu warga melakukan perbaikan rumah warga yang rusak,pendataan dilakukan di rumah terimbas banjir.

“Saat musim penghujan potensi luapan sungai Way Sekampung berimbas permukiman warga terendam,namun saat ini belum terlalu parah,” bebernya.

Potensi genangan air pada permukiman warga menurut Ahmat Rizal juga imbas banjir rob. Banjir rob disebabkan datangnya banjir dari hulu ungai Way Sekampung bersamaan dengan pasang air laut.

Menghadapi potensi banjir rob sebagian warga memilih membangun rumah panggung. Cara tersebut dilakukan agar saat banjir air tidak menggenangi rumah.

Lihat juga...