Rumah Rusak Terdampak Puting Beliung di Lamsel, Diperbaiki

Editor: Makmun Hidayat

Gotong royong oleh warga sebut Darmawan dilakukan secara bertahap. Sebab rumah yang roboh tersebut berpotensi membahayakan pemilik rumah sehingga harus diperbaiki total. Ia berharap pemerintah bisa memberikan bantuan pada sejumlah rumah rusak imbas angin puting beliung. Selain potensi angin kencang di wilayah tersebut rentan banjir saat penghujan.

Ahmat Rizal, anggota Kampung Siaga Bencana (KSB) Harapan Baru, Desa Bandar Agung menyebut telah mengerahkan personel untuk membantu warga. Saat musim penghujan di wilayah tersebut potensi bencana banjir dan angin puting beliung mengancam. Selain membantu warga melakukan perbaikan rumah warga yang rusak,pendataan dilakukan di rumah terimbas banjir.

“Saat musim penghujan potensi luapan sungai Way Sekampung berimbas permukiman warga terendam,namun saat ini belum terlalu parah,” bebernya.

Potensi genangan air pada permukiman warga menurut Ahmat Rizal juga imbas banjir rob. Banjir rob disebabkan datangnya banjir dari hulu ungai Way Sekampung bersamaan dengan pasang air laut.

Menghadapi potensi banjir rob sebagian warga memilih membangun rumah panggung. Cara tersebut dilakukan agar saat banjir air tidak menggenangi rumah.

Lihat juga...