Satgas TNI Berikan Pengobatan Keliling di Tembagapura

TEMBAGAPURA, MIMIKA — Prajurit TNI Satgas Pamrahwan Yonif 756/WMS yang berada di bawah Komando Pelaksana Operasi Korem 174/ATW melakukan kegiatan bakti sosial pelayanan pengobatan keliling kepada masyarakat Kampung Beanekogom Tsinga Distrik Tembagapura, Kabupaten Mimika sebagai wujud nyata kepedulian memperhatikan kesehatan warga asli Papua.

Dansatgas Pamrahwan Yonif 756/WMS Mayor Inf Marolop Edison Bala Hutapea mengatakan, kegiatan pengobatan untuk melayani masyarakat sudah merupakan suatu kegiatan rutin dilakukan personel TNI secara terus menerus dengan tujuan untuk dapat memastikan kondisi kesehatan masyarakat terpenuhi.

“TNI juga sangat membantu kesulitan yang dihadapi warga. Di samping itu kegiatan tersebut merupakan salah satu bentuk upaya nyata TNI dalam memberikan pelayanan kesehatan bagi masyarakat,”ungkap Dansatgas dalam keterangan yang diterima Jumat dini hari (26/2/2021).

Ia menyebut, program bakti sosial kesehatan untuk warga di daerah penugasan sudah merupakan komitmen yang harus diberikan Satgas Pamrahwan Yonif 756/WMS.

“Saya selalu tekankan semua jajaran pos agar selalu menjalin hubungan yang baik dengan masyarakat sekitar. Lakukan kegiatan-kegiatan yang bersifat positif, dan bersentuhan langsung dengan kebutuhan orang banyak sehingga keberadaan kita di pos-pos penugasan memiliki nilai yang bermanfaat bagi warga,” harap Mayor Marolop.

Dansatgas mengingatkan, dalam melaksanakan kegiatan yang bersifat sosial dengan membantu sesama jangan dilakukan dengan keterpaksaan namun harus dilandasi dengan niat yang tulus dibarengi dengan kerelaan dan keikhlasan hati.

Hal tersebut harus dijadikan landasan awal, lanjutnya, harus dilakukan prajurit Yonif 756/WMS dalam membantu sesama karena pada dasarnya semua sama dan kita semua bersaudara.

“Jika sebelumnya kegiatan pengobatan seperti ini sudah kami gelar di beberapa pos jajaran, maka untuk saat ini kegiatan kami gelar di Kampung Beanekogom Tsinga,” kata Dansatgas.

Ia berharap, dengan adanya kegiatan positif pelayanan kesehatan akan semakin mempererat hubungan yang baik dan harmonis antara pos satgas dengan masyarakat sekitar yang selama ini sudah terjalin dengan baik.

“Terus jaga dan pelihara hubungan tersebut, jangan pernah berbuat sesuatu hal yang dapat menyakiti hati masyarakat, karena keberhasilan maupun kesuksesan dalam pelaksanaan tugas, faktor partisipasi dan dukungan masyarakat sekitar akan sangat berpengaruh di dalamnya,” tegas Mayor Marolop.

Sementara itu, Danpos Tsinga Letda Inf Riyanto yang memimpin kegiatan pengobatan keliling mengatakan, pengobatan keliling diberikan kepada masyarakat Kampung Beanekogom bertujuan untuk membantu masyarakat dalam hal pelayanan kesehatan meliputi pengobatan penyakit ringan, konsultasi seputar kesehatan serta cara hidup dengan lingkungan yang sehat.

“Kegiatan layanan kesehatan Satgas Yonif 756/WMS disambut baik masyarakat kampung Beanekogom karena dirasakan sangat membantu kehidupan mereka dari segi pelayanan kesehatan,”kata Riyanto

Salah satu warga yang sakit Abdon Nenotek mengucapkan terima kasih serta memberikan apresiasi terhadap kegiatan bakti sosial pengobatan keliling digelar Pos Tsinga Satgas Yonif 756/WMS karena sangat membantu masyarakat kurang mampu untuk mendapatkan layanan kesehatan.

Abdon mengakui, masyarakat Kampung Beanekogom Tsinga sangat berterima kasih kepada bapak-bapak TNI Pos Tsinga Satgas Yonif 756/WMS yang sudah mendatangi kami dari rumah ke rumah serta memberikan pelayanan pengobatan.

“Kami masyarakat yang sakit dan juga mengajarkan kami bagaimana cara berlaku hidup yang sehat dengan jalan menjaga kebersihan lingkungan. Kami berharap kegiatan seperti ini tidak berhenti sampai di sini saja namun dapat terus dilakukan secara rutin sehingga kesulitan yang dihadapi masyarakat dapat terbantu dengan kegiatan seperti ini,” katanya.

Lihat juga...