Satgas Yonif 611/Awl bantu buat MCK warga di perbatasan RI-PNG

MERAUKE, PAPUA — Prajurit TNI Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) Yonif 611/Awl yang dipimpin Letda (Inf) Somad membantu warga perbatasan RI-Papua Nugini (PNG) membuat sarana mandi cuci kakus (MCK) di Kampung Toray, Distrik Sota, Kabupaten Merauke, Provinsi Papua, Rabu.

Pos Toray Satgas Pamtas Yonif 611/Awl yang berada di bawah Kolakopsrem 174/ATW Merauke bergotong royong melaksanakan kegiatan pembuatan MCK.

“Membantu pembuatan MCK ini juga sebagai sarana komunikasi dan silaturahim dengan masyarakat untuk mempererat hubungan TNI dengan masyarakat perbatasan RI-PNG di Merauke,” kata Dansatgas Yonif 611/Awl Mayor (Inf) Albert Franstesca dalam keterangan yang diterima, di Jayapura, Rabu.

Dansatgas mengakui anggota Satgas Pamtas Yonif 611/Awl membantu warga dalam bidang sosial kemanusiaan selain melaksanakan tugas pokok melaksanakan tugas operasi pengamanan wilayah darat RI-PNG

Tugas lainnya juga mengamankan patok batas negara, mencegah terjadinya pelanggaran di wilayah perbatasan, membantu instansi lain dalam penegakan hukum dan mempersempit ruang gerak Kelompok Kriminal Separatis Bersenjata (KKSB), serta pelaksanakan pembinaan teritorial menjaga hubungan baik dengan masyarakat setempat.

“Serta membantu masyarakat disekitar perbatasan yang kesulitan,” kata Dansatgas.

Dalam mewujudkan dan menciptakan lingkungan sehat, lanjutnya, pembangunan MCK ini penting untuk dilakukan agar pola hidup sehat dan lingkungan sehat dapat diterapkan

“Kami berharap warga sadar akan pentingnya kegunaan MCK tersebut sehingga semuanya mau perduli untuk merawat dan memelihara apa yang sudah dibangun.” kata Albert Franstesca.

Warga perbatasan RI-PNG Enos mengucapkan banyak terima kasih kepada Satgas Pamtas Yonif 611/Awl, yang berada di bawah Kolakopsrem 174/ATW Merauke yang membantu pembuatan MCK itu.

​​​​​​​”Sehingga dapat menjawab kebutuhan warga lainnya akan keberadaan MCK,” katanya. [Ant]

Lihat juga...