Sebanyak 10 Daerah di Jatim Tuntaskan Vaksinasi COVID-19 Tahap Pertama

Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa (kanan), memantau vaksinasi tahap pertama untuk tenaga kesehatan beberapa waktu lalu – foto Ant

SURABAYA – Program vaksinasi COVID-19 dosis pertama di Jawa Timur, telah menuntaskan 100 persen untuk 10 kabupaten dan kota.

“Vaksinasi dosis pertama ditujukan kepada tenaga kesehatan yang terdaftar, dan sudah tuntas pelaksanaannya di 10 daerah,” ujar Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, di Surabaya, Sabtu (6/2/2021).

Berdasarkan laporan Dinas Kesehatan Jatim, per-5 Februari 2021, sebanyak 10 daerah sudah melaksanakan vaksinasi tahap pertama. Daerah tersebut adalah, Sidoarjo, Gresik, Tulungagung, Jember, Ponorogo, Nganjuk, Kabupaten Mojokerto, Kota Batu, Kota Mojokerto dan Kota Kediri.

Secara keseluruhan, di Jatim terdapat 185.860 orang yang menjadi sasaran vaksinasi, berdasarkan alokasi vaksin yang diterima. Sudah 157.959 orang tenaga kesehatan divaksinasi (dosis pertama). “Semangat percepatan ini harus terus dipertahankan sampai seluruh penduduk di Jawa Timur divaksinasi, sehingga penyebaran COVID-19 dapat terkendali,” ucap orang nomor satu di Pemprov Jatim itu.

Kendati vaksinasi dosis satu kepada tenaga kesehatan di 10 daerah selesai, Khofifah mengingatkan, perlindungan harus tetap dilakukan secara berlapis, dan tetap dikawal dengan kepatuhan terhadap protokol kesehatan.

Vaksinasi, diharapkan mampu membantu mengendalikan pandemi COVID-19 di Jatim. “Meskipun vaksinasi telah dilakukan, sebelum kekebalan komunitas terbentuk, maka kepatuhan terhadap protokol kesehatan harus terus ditingkatkan,” tandasnya.

Sementara itu, dalam rangka percepatan vaksinasi, Gubernur Khofifah telah mempersiapkan logistik, sumber daya manusia. Serta melakukan kunjungan di beberapa titik vaksinasi untuk memantau secara langsung pelaksanaannya, sebagai bentuk dukungan. Dalam dua pekan terakhir, tampak bahwa cakupan vaksinasi tenaga kesehatan di Jawa Timur telah naik signifikan dari angka 8,6 persen menjadi 84,99 persen. (Ant)

Lihat juga...