Sedapnya Bakso Gurita di Jalan Sumatera Jember

Editor: Mahadeva

JEMBER – Berawal dari karya inovasi, mendorong Rastra membuat bakso yang berbeda dengan hidangan bakso biasanya. Dan akhirnya Rastra memilih untuk membuat hidangan bakso dengan daging gurita.

Bakso gurita yang dijakan Rastra adalah yang pertama kali ada di Jember,  sehingga diyakini memiliki peluang untuk berkembang. Tentu saja karena jarang, bahkan bisa dikatakan hampir tidak ada hidangan bakso dengan menambahkan daging gurita.

“Membuat usaha makanan bakso bisa di katakan susah-susah gampang. Faktor gampang itu, cara pembuatannya mudah, tidak rumit, dan simple juga. Serta pangsa pasar di jember, usaha bakso juga cukup menjanjikan”, ujar pemilik usaha bakso gurita, Rastra kepada Cendana News, ditemui di tempat usahanya di jalan Sumatera, Kecamatan Sumbersari, Jember, Minggu(13/2/2021).

Rastra menyebut, membuka usaha bakso ternyata tidak semudah yang dibayangkan. Walaupun hampir kebanyakan orang suka bakso, bagi pemula tidak akan mudah dan tidak bisa cepat memiliki daya tarik bagi pembeli. “Membuat pembeli datang ke usaha kita tidak bisa dengan mudah dilakukan. Apalagi usaha makanan bakso dimana-mana sudah banyak yang berdagangan bakso. Pilihannya supaya orang tertarik untuk datang, yaitu rasa dari bakso yang khas, serta inovasi bentuknya,” imbuhnya.

Rastra, pemilik usaha bakso gurita saat ditemui Cendana News di tempat usahanya, jalan Sumatera Kecamatan Sumbersari Jembe, Sabtu (13/2/2021) – foto Iwan Feri Yanto

Inovasi merupakan cara yang terbaik dalam membangun usaha. Karena jika tidak dilakukan cara yang baru, orang yang datang akan bosan. “Untuk bahan dan rasa dari usaha bakso saya gak jauh beda dengan milik yang lain. Hanya saja, didalam pentol baksonya saya campur dengan gurita. Dan juga menyajikan gurita yang rasanya khas dan kenyal. Dari situ orang-orang mulai tertarik ada yang datang untuk beli”, tuturnya.

Keberadaan bakso gurita tentu menjadi menu kuliner yang tidak biasa, dan bagi sebagian orang terasa aneh. “Tapi untungnya, orang-orang yang datang beli bakso gurita ini, tentunya pada suka. Karena pada dasarnya belum ada bakso semacam ini. Untuk bahan-bahanya sama saja, yakni terdiri dari daging sapi, tepung, royco, telur, lada, kecap, garam, bawang, dan daging gurita tentunya,” jelasnya.

Edi, salah satu pembeli mengatakan, pada awalnya membeli karena penasaran. Ciri khasnya terasa betul dari rasa daging gurita yang terasa kenyal. Sedangkan untuk daging pentolnya sama-sama terasa, antara rasa daging sapi dan campuran dari daging gurita. “Setalah saya coba datang langsung kelokasinya dan mencicipi, rasanya beda dengan bakso yang biasanya orang jual,” ujarnya.

Lihat juga...