Segar dan Gurihnya Soto Gromyang Khas Pemalang

Editor: Mahadeva

Soto Gromyang khas pemalang, segar dan gurih dilengkapi daun bawang segar, Sabtu (13/2/2021) di GOR Purwokerto. (FOTO : Hermiana E.Effendi)

PURWOKERTO – Kekayaan menu kuliner nusantara, memang tidak perlu diragukan lagi. Semua daerah mempunyai makanan khas, bahkan tidak hanya satu macam. Seperti Soto Gromyang, makanan khas Kabupaten Pemalang, yang banyak digemari di Banyumas.

Rasa segar dan gurihnya nasi soto berkuah rawon, membuat masyarakat Banyumas menyukainya, dan menjadikan soto Pemalang menjadi salah satu alternatif hidangan yang banyak dicari. Berbeda dengan hidangan soto khas Banyumas, yang menggunakan ketupat, Soto Gromyang dihidangkan dengan nasi. Tidak banyak macam sayuran yang menyertai, hanya irisan daun bawang dan irisan daging sapi tentunya.

“Baru, pernah mencoba, karena memang baru menemukan penjual Soto Gromyang di Purwokerto, ternyata enak dan sangat mengenyangkan. Bisa jadi alternatif pilihan soto, saat kita bosan dengan soto khas Banyumas,” kata salah satu konsumen Soto Gromyang, Hervina, Sabtu (13/2/2021).

Hervina, salah satu penikmat Soto Gromyang di Purwokerto, Sabtu (13/2/2021). (FOTO : Hermiana E. Effendi)

Daging pada soto ini sangat empuk, karena dimasak dalam waktu lama dan dipotong kecil-kecil. Tampilannya, daging menyatu dengan nasi di tengah kuah rawon. Ada beberapa varian pilihan daging untuk Soto Gromyang, ada daging sapi, daging kerbau dan ada juga daging ayam. “Saya suka daging sapi, karena lebih terasa nikmat dan dagingnya juga empuk. Terlebih jika dinikmati dengan sambal pedas dan kuah panasnya, benar-benar segar dan gurih,” tambah Hervina.

Soto Gromyang salah satunya bisa dijumpai di sekitar pusat kuliner kawasan GOR Satria Purwokerto. Andi, penjual soto di tempat tersebut mengatakan, dalam satu hari sebelum Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), ia bisa menjual hingga lebih dari 50 mangkok. Pelanggannya didominasi warga Kota Purwokerto. Namun, setelah PPKM, omset penjualannya menurun hingga 30 persen.

“Sekarang sedang sedikit sepi karena aturan PPKM, tetapi kalau pembeli tetap ada, karena Soto Gromyang belum banyak dijumpai di Kota  Purwokerto ini, sehingga pelanggan selalu datang ke sini,” katanya.

Satu porsi Soto Gromyang dibandrol Rp 17.000 per-mangkok. Andi juga menyediakan aneka sate, untuk melengkapi hidangan soto, mulai dari sate ayam, sate daging sapi, sate ati ampela. “Yang membuat segar soto ini karena irisan daun bawangnya banyak, dan dalam kondisi segar. Selain itu, kuahnya juga menggunakan bumbu kluwek, yang biasa dipergunakan untuk memasak rawon, jadi seperti perpaduan soto dan rawon,” tuturnya.

Lihat juga...