Segarnya Asinan Buah Olahan Warga Bumi Waras Teluk Betung

Editor: Mahadeva

LAMPUNG – Musim buah, sering dimanfaatlan warga Bumi Waras, Teluk Betung, Bandar Lampung untuk mengkreasikan sajian buah. Salah satu yang sering menjadi pilihan adalah asinan, seperti yang bisa ditemui di sejumah toko oleh-oleh dikawasan Teluk Betung, Lampung.

Nory, salah satu penyuka asinan menyebut, sering membeli asinan di toko oleh-oleh. Asinan yang dibeli berasal dari pasar tradisional setempat. Berbagai buas seperti nanas, jambu air, alpukat, rambutan, pir, timun dan bengkuang, menjadi pilihan. Saat musim panen, buah-buah tersebut bisa diperoleh dengan harga mulai Rp5.000 hingga Rp45.000 perkilogram.

Asinan buah berbahan nanas, jambu air, apel, alpukat, bengkuang yang dicampurkan dengan kuah cabe buatan Nory, Sabtu (27/2/2021) – foto Henk Widi

Setelah dikupas, buah kemudian dibersihkan dan dipotong dengan ukuran kecil. Buah yang dipilih memiliki kandungan air yang cukup banyak, sehingga menyegarkan saat dikonsumsi.

Bahan bumbu asinan, menjadi kunci kelezatan dari menu kuliner tersebut. Bumbu yang biasa dimanfatkan seperti, gula pasir, gula merah, asam jawa. Pelengkap lain adalah, cabai merah keriting, cabai rawit merah. Cabai-cabai tersebut dihaluskan sebelum digunakan.

“Beragam buah segar yang telah dipotong ukuran kecil letakkan dalam wadah khusus. Selanjutnya siapkan bumbu halus yang direbus berupa campuran gula pasir, gula merah, asam, garam hingga mendidih lalu disaring lalu dipanaskan kembali hingga tercampur sempurna,” terang Nory, saat ditemui Cendana News, Sabtu (27/2/2021).

Setelah kuah dari beragam bumbu tersebut matang, dapat disiramkan keatas buah yang dipotong. Proses selanjutnya, usahakan agar potongan buah terendam kuah beragam bumbu yang berasa rasa asin, pedas dan manis. Agar sensasi rasa asam semakin dominan, selain menggunakan asam jawa dapat juga ditambahkan cuka.

Potongan buah yang direndam kuah selanjutnya didiamkan, butuh waktu satu jam agar kuah meresap sempurna dan asinan siap dinikmati. Proses tersebut akan semakin sempurna dengan memasukkan asinan buah ke dalam lemari pendingin. Dan penyimpanan selama semalaman di lemari pendinginm akan membuat rasa semakin tercampur sempurna. “Penggunaan beragam buah menjadi sumber asupan vitamin dan sajian menyegarkan saat akhir pekan,” tambahnya.

Asinan buah cocok disantap saat cuaca panas. Asinan buah bisa menjadi hidangan penutup usai makan berat. Disajikan sebagai makanan ringan, asinan bisa disantap tanpa menyertakan kuah. Bahkan bisa dikombinasikan dengan es krim yang menyegarkan.

Marniati, pedagang di pasar Bambu Kuning, Tanjung Karang, Bandar Lampung menyebut, buah segar yang dijualnya saat ini banyak dibeliu untuk dibuat asina. “Pelanggan sebagian merupakan produsen pembuat asinan yang akan digunakan sebagai oleh oleh,” terang Marniati.

Lihat juga...