Seni Budaya Wujud Rasa Toleransi Kebhinekaan Sebut Wakil Rektor UI

JAKARTA — Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Universitas Indonesia Prof. Dr. Rer. Nat. Abdul Haris mengatakan, seni budaya bisa jadi pengejawantahan rasa toleransi untuk tetap mempertahankan kebhinekaan, serta menyatukan jiwa persatuan sebagai masyarakat Indonesia.

Abdul membuka acara gelar seni budaya daring yang diisi oleh para seniman dan artis nasional, di antaranya Andi/riff, Budi Cilok, dan Sarah Saputri.

“Kami harap ini jadi wadah para mahasiswa untuk terus berkarya dalam bidang seni budaya,” kata Abdul dalam acara yang jadi bagian rangkaian perayaan Dies Natalis ke-71 UI, Minggu.

Dia mengatakan, pandemi COVID-19 adalah sebuah tantangan sekaligus peluang untuk berkarya dalam memberi kontribusi kepada negara. Meski dilanda pagebluk, dia mengatakan Universitas Indonesia tetap berkarya dan berkontribusi untuk mempertahankan karya seni budaya. Juga meningkatkan prestasi di bidang seni budaya yang merupakan tugas Sivitas Akademika UI. Pentas seni kolaborasi antara keluarga besar UI dengan para seniman profesional juga melibatkan para seniman kampus dan mahasiswa UI seperti Liga Tari UI, BEM UI, dan UKM UI.

Pementasan tersebut merupakan bagian dari rangkaian perayaan Dies Natalis ke-71 UI yang sudah dimulai sejak tanggal 2 Februari 2021 dan puncaknya pada tanggal 23 Februari 2021.

Perayaan Dies Natalis ini diharap bisa menggali semangat dan potensi seluruh Sivitas Akademika UI untuk mewujudkan UI tangguh, sehingga bisa berpatisipasi aktif dalam Indonesia bangkit.

Rangkaian acara meliputi Talk Show, Lomba Grup Vokal, Lomba Video Iklan Layanan Masyarakat, Lomba Cipta Lagu, Lomba Jalan Sehat Virtual, dan Kompetisi Penulisan/Peliputan tentang UI di media massa untuk jurnalis.

Perayaan Dies Natalis ke-71 UI ini juga menjadi media sosialisasi UI kepada masyarakat. Ada berbagai prestasi yang dicapai UI selama masa pandemi. Juga banyak aktivitas yang dilakukan sebagai wujud kepedulian dan bakti UI kepada negeri.

Kegiatan Gelar seni budaya Dies Natalis ke-71 UI ini dilaksanakan secara hybrid atau dwifungsi, yaitu perpaduan antara daring (online) dan luring (offline). Acara luring dilaksanakan di Auditorium MAC dan ditayangkan secara daring melalui kanal Youtube Makara Art Center UI. [Ant]

Lihat juga...