Sensasi Rempah dalam Kelapa Bakar, Diyakini Dapat Menyehatkan Tubuh

Redaktur: Muhsin Efri Yanto

JAKARTA — Sensasi rempah-rempah dalam air kelapa bakar sesaat diminum terasa menyegarkan tubuh. Minuman tradisional ini diyakini mampu meningkatkan kekebalan tubuh. 

“Kelapa bakar yang diracik paduan rempah-rempah ini bagus untuk kesehatan tubuh. Alhamdulillah pembelinya meningkat 30 persen. Mereka beli minuman tradisional ini katanya untuk kekebalan tubuh biar nggak kena virus corona,” ujar Cicih Rohani, pedagang kelapa bakar kepada Cendana News saat ditemui di warungnya di Jalan Raya GOR Kalisari, Jakarta, Sabtu (20/2/2021).

Khasiat minuman kelapa bakar bercampur rempah-rempah ini menurutnya, dapat menyembuhkan berbagai penyakit, seperti kolesterol, batuk pilek, lambung, maag, ginjal, diabetes, darah tinggi, menghilangkan pegal linu, meningkatkan vitalitas, memperlancar aliran darah, dan lainnya.

Minuman tradisional ini disajikan dengan kelapa muda pilihan, air kelapanya dibubuhi racikan ragam ramuan rempah-rempah sesaat setelah dibakar.

Kemudian air kelapa bakar bercampur rempah itu, diaduk rata dan siap disajikan kepada pembeli. “Rasanya sangat khas natural, khasiatnya menyegarkan dan menyehatkan tubuh,” imbuh Cicih

Bahan rempahnya terdiri dari jahe merah, kapulaga, jinten, lada hitam, sereh, kayu manis, gingseng, cabai Jawa, madu dan gula aren.

Semua rempah terlebih dulu di keringkan dibawah terik matahari. Setelah kering, lalu disangrai di atas wajan, lalu diamkan hingga dingin. Kemudian rempah itu di blender hingga halus, siap untuk direbus hingga mendidih dan airnya mengental.

Cicih Rohani sedang meramu kelapa bakar dengan paduan rempah-rempah untuk disahikan kepada pembelinya di warungnya di Jalan Raya GOR Kalisari, Jakarta Timur, Sabtu (20/2/2021). Foto: Sri Sugiarti.

Selanjutnya rampuan rempah yang telah matang itu diangkat, diamkan hingga dingin. Selanjutkan masukkan ke dalam botol dan siap untuk dicampurkan dengan air kelapa bakar.

“Semua rempah-rempah itu, saya racik sendiri menjadi jamu ramuan Kalimantan, yang sudah saya kreasikan untuk dimasukkan ke dalam air kelapa bakar,” ujar ibu dua anak ini.

Minuman tradisional ini menurutnya, sangat cocok dinikmati di segala musim baik cuaca panas maupun penghujan. Pembelinya pun terus berdatangan untuk meneguk kekhasan air kelapa bakar ini.

Terbukti setiap harinya, Cicih menghabiskan sekitar 80-90 butir kelapa bakar dengan harga yang berbeda tergantung dari varian rasa yang dipesan pembelinya.

Untuk kelapa bakar rasa original dipatok Rp 16 ribu, dan kelapa bakar dengan racikan rempah-rempah dibadrol Rp 22 ribu. Sedangkan kelapa bakar racikan rempah dan telur dihargai Rp 27 ribu.

Lebih lanjut dia mengatakan, proses membakar kelapa ini memakan waktu satu jam setengah hingga air kelapa mendidih. Di mana batok kelapa yang telah menjadi empuk karena proses pembakaran, adalah tanda bahwa kelapa memiliki kematangan yang pas.

Kemudian kelapa yang sudah dibakar dikupas terlebih dahulu sabutnya. Setelah itu, air kelapanya dicampurkan dengan beberapa bahan tambahan

Dalam sekali pembakaran sebanyak 40 biji kelapa dimasukkan ke dalam tabung berbahan drum bekas, yang di atasnya dilengkapi dengan cerobong untuk mengeluarkan asap.

Ardian Hardianto, salah satu pembeli mengaku ketagihan dengan kesegara air kelapa bakar paduan rempah-rempah tersebut.

“Kesegaran air kelapa paduan rempahnya itu terasa nikmat dan hangat di tenggorokan hingga menyerap ke tubuh. Stamina tubuh saya terasa lebih fit, batuk pilek dan pegal-pegal tubuh jadi sembuh,” ujar Ardian kepada Cendana News ditemui di warung milik Cicih di Jalan Raya Gor Kalisari, Jakarta Timur, Sabtu (20/2/2021).

Menurutnya, dia kerap membeli kelapa bakar ini untuk diminum bersama keluarganya dirumah. Terkadang dia menyempatkan diri untuk menikmati kesegaran kelapa bakar di warung ini.

“Minuman kelapa bakar ini, cocok untuk dinikmati di cuaca panas maupun dingin. Diminum saat masih panas itu sangat nikmat,” ujarnya.

Lihat juga...