Setup Rambutan, Enak Disantap Hangat Maupun Dingin

Redaktur: Muhsin Efri Yanto

JAKARTA — Saat musim rambutan atau Nephelium lappaceum, biasanya penyuka buah ini akan terpuaskan keinginannya. Tapi ternyata, bukan hanya dimakan langsung, rambutan ternyata juga nikmat dijadikan setup.

Pegiat Kuliner Ina Permana, saat dihubungi, Sabtu (20/2/2021) – Foto Dokumentasi Ranny Supusepa

Pegiat kuliner Ina Permana menyebutkan membuat setup rambutan sama sekali tidak susah dan juga tidak lama.

“Bahannya juga gak ribet. Hanya rambutan, gula pasir, kayu manis, cengkeh, garam dan air. Gula pasirnya ya tergantung selera saja dan bergantung pada jumlah rambutan yang akan dijadikan setup,” kata Ina saat dihubungi, Sabtu (20/2/2021).

Ia menyebutkan, pertama air dimasak bersama dengan gula pasir, kayu manis, cengkeh dan garam hingga mendidih.

“Baru dimasukkan rambutan yang sudah dikupas. Biarkan hingga rambutan menjadi empuk,” ucapnya.

Setelah dingin, baru dimasukkan ke kulkas. Atau bisa juga diberi es batu, kalau ingin langsung dimakan.

“Biasanya setup rambutan ini memang dimakan dalam kondisi dingin. Cuma kalau ada yang ingin makan dalam kondisi hangat, ya gak masalah juga sih. Kan masalah selera saja,” ujarnya.

Penggunaan kayu manis atau Cinnamomum verum, menurutnya, selain memang menimbulkan aroma khas dari setup juga karena kayu manis memang memiliki khasiat bagi kesehatan.

“Rebusan kayu manis sendiri katanya bagus bagi orang yang sedang melakukan diet untuk menghilangkan lemak tubuh. Karena zat cinnemaldehyde yang terkandung dalam kayu manis mampu mengurangi lemak tubuh. Selain itu, kayu manis juga dikatakan bisa menekan nafsu makan,” ujarnya.

Ada juga yang mengatakan bahwa kayu manis mengandung anti oksidan dan baik untuk kesehatan jantung.

“Sementara cengkeh atau Syzygium aromaticum dikenal bagus untuk mencegah batuk, mencegah bau mulut dan juga bagus untuk mencegah mual,” tuturnya.

Ina menyatakan minuman setup rambutan ini disukai oleh anak-anaknya. Walaupun mereka tahu kalau ada kayu manis dan cengkehnya.

“Kalau disuruh minum rebusan cengkeh dan kayu manis saja ya tidak mau. Tapi kalau sudah jadi setup begini, tidak lama. Begitu dingin pasti langsung habis,” pungkasnya sambil tertawa.

Lihat juga...