SMK di Bondowoso Gencarkan Budidaya Bunga Telang

Editor: Makmun Hidayat

BONDOWOSO — Kandungan bunga telang yang tinggi antioksidan, menjadi fokus budidaya SMK PP Negeri Tegal Ampel,  Bondowoso. Pemberdayaan bunga ini dapat dijadikan sebagai agrowisata dan wahana edukasi.

“Tanaman bunga telang memiliki manfaat yang sangat baik. Dari akar, daun, hingga bunganya. Manfaatnya juga bervariasi, terutama untuk tubuh manusia,” ujar guru kejuruan ATPH (Agribisnis Tanaman Pangan dan Hortikultural), Prianto, S.TP, kepada Cendana News, di Desa Tanggulangin, Kecamatan Tegal Ampel Kabupaten Bondowoso, Kamis(18/2/2022).

Tanaman bunga telang bisa ditemukan dimana-mana, terumata di wilayah pedesaan. Namun karena masyarakat masih minim pengetahuan dari kandungan manfaatnya, bunga telang dianggap sebagai tanaman liar.

“Hampir setiap masyarakat yang tidak mengetahui manfaat dari tanaman bunga telang, menganggap bunga telang sebagai tanaman liar. Sedangkan di balik dari tanaman bunga liar yang tumbuh di mana-mana memiliki kandungan manfaat sangat baik,” tambahnya

Tanaman bunga telang di SMK PP Negeri Tegal Ampel, Bondowoso, Kamis (18/2/2021). -Foto: Iwan Feri Yanto

Manfaat dari kandungan bunga telang yakni sebagai penambah antibody serta sebagai bahan minuman untuk mempercepat proses penyembuhan luka

“Beberapa manfaat dari bunga telang yakni dapat meningkatkan antibody manusia serta sebagai bahan konsumsi untuk mempercepat proses penyembuhan luka setelah melakukan operasi. Tidak perlu melakukan pencampuran dengan bahan yang lain, cukup menyeduhnya saja kemudian bisa langsung di konsumsi,” tuturnya.

Ia menambahkan, selain dari bunganya yang bermanfaat, daunnya juga memiliki kandungan tinggi nitrogennya, sehingga bermanfaat sebagai bahan olahan produksi tempe, dan sebagai bahan campuran dalam pembuatan pupuk organik.

Proses budidaya bunga telang sangat mudah untuk dilakukan. Karena pada proses pembudidayaannya sendiri cukup dengan menyiramnya sesuai kebutuhan.

“Tanaman bunga telang unik, dia tidak memerlukan perawatan yang sangat khusus. Proses perawatannya hanya cukup dengan melakukan penyiraman sesuai dengan kebutuhan. Karena akar dari tanaman bunga telang ia tahan terhadap kekurangan air. Sedangkan untuk hama hampir tidak ada yang menyerang,” ujarnya.

“Selama proses awal penanaman di bulan Februrari 2020, hampir tidak dilakukan proses perawatan dengan pemupukan. Ia akan tumbuh dan berkembang dengan sendirinya dan tahan akan segala iklim cuaca,”  tambahnya

Ia menambahkan, kandungan manfaat yang dimiliki dari tanaman bunga telang juga unik. Bunga telang dapat digunakan sebagai obat mata. “Cukup dengan mengisi air di bagian bunganya kemudian dituangkan mata kita,” sebutnya.

Terpisah, mahasiswi Universitas Jember, Anik, mengatakan, berdasarkan keilmuan yang ia pelajari di Fakultas Teknik Pertanian Prodi Teknologi Pangan. bunga telang ini banyak fungsionalnya sebagai antioksidan, antiinflamasi, antiasma, antimikrooganisme, hepatoprotektif.

“Hepatoprotektif itu maksudnya mencegah kerusakan hati. Kalo komponen bioaktifnya itu juga ada senyawa flavonoid, antosianin,” imbuhnya.

Kandungan dalam bahan pangan, lanjutnya, sangat memiliki banyak manfaatnya dari tanaman bunga talang. Sehingga cocok untuk dikonsumsi masyarakat.

Lihat juga...