Surabi Khas Bandung Berasa Asin Gurih Dilengkapi Oncom

Editor: Koko Triarko

BANDUNG – Siapa yang tak kenal surabi? Kudapan khas Nusantara yang ada sejak lama ini, bisa ditemui di banyak daerah di Tanah Air. Tentu saja dengan kekhasan daerah masing-masing. Surabi di kota Bandung, Jawa Barat, memiliki cita rasa gurih dan asin, dengan oncom sebagai toppingnya.

“Kalau di Bandung memang dikenalnya Surabi Oncom. Beda sama di Jawa, yang lebih terkenal surabi manis, di sini ciri khasnya asin dan gurih,” ujar Ibu Aam, Pedagang Surabi Oncom di Pasar Arjasari, Kabupaten Bandung, saat ditemui, Sabtu (27/2/2021).

Hal unik yang masih tetap terjaga dari surabi adalah cara pembuatannya yang tidak berubah, tetap menggunakan tungku dari tanah liat dan kayu bakar, serta dimasak di atas wajan kecil yang juga terbuat dari tanah liat. Padahal, di era modern seperti saat ini sudah banyak peralatan masak yang dapat mempermudah orang untuk membuatnya.

Aam, pedagang surabi oncom di Pasar Arjasari, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Sabtu (27/2/2021). –Foto: Amar Faizal Haidar

“Justru yang bikin rasa surabi tetap enak itu, ya karena dimasak menggunakan tungku dan kayu bakar. Tingkat kematangannya pas dan asap kayu bakarnya juga bikin aromanya terjaga. Beda kalau dimasak pakai kompor gas, coba aja bandingin,” kata Ibu Aam.

Di Bandung, surabi oncom menjadi salah satu menu sarapan sebelum memulai beragam aktivitas. Menurut Unus, salah seorang penikmat surabi yang berprofesi sebagai tukang ojek di Pasar Arjasari, surabi paling enak jika ditemani kopi hitam.

“Surabi plus kopi, ngga ada lawanlah. Menu sarapan favorit kami-kami tukang ojek,” ungkap Unus.

Selain nikmat, kata Unus, surabi juga mengenyangkan. Bahkan, dengan memakan dua buah surabi, sudah cukup mengganjal perut dari rasa lapar hingga tiba waktu makan siang.

“Jadi, sarapan pakai surabi itu bisa hemat. Harganya kan cuma Rp1.000 satunya. Kalau makan dua atau tiga plus kopi hitam, jadi cuma Rp5.000. Hematlah,” katanya.

Bagi Anda yang ingin membuat surabi sendiri di rumah, bumbu-bumbu yang perlu disiapkan, antara lain bawang merah, bawang putih, kencur, serai ambil bagian putihnya, iris halus, garam dan gula pasir.

Ada pun cara membuatnya, remas kasar oncom, sisihkan. Panaskan minyak goreng dalam wajan, tumis bumbu halus sampai harum. Masukkan cabai, aduk hingga layu. Masukkan oncom, aduk sampai oncom matang benar dan agak mengering, tambahkan daun kemangi, aduk sebentar, angkat, sisihkan.

Ke dua, campur tepung terigu, tepung beras, dan garam. Tuangi santan sedikit demi sedikit sambil diaduk rata. Pukul-pukul adonan dengan telapak tangan sampai terasa ringan. Diamkan selama 2 jam.

Ke tiga, panaskan cetakan surabi di atas api. Tuang 3/4 sendok sayur adonan ke dalam cetakan, beri 2 sendok teh sambal oncom.

Dan, ke empat, setelah muncul gelembung-gelembung kecil, tutup cetakan. Panggang sampai matang, kemudian keluarkan surabi dari cetakan. Selesai.

Lihat juga...