Tahun Ajaran 2021 Disdik Riau Tiadakan UN

PEKANBARU – Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Riau tahun 2021 ini kembali tidak akan melakukan ujian nasional (UN) sebagai penentu kelulusan siswa mengikuti Surat Edaran (SE) Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim Nomor 1 tahun 2021.

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Riau, Zul Ikram, melalui keterangan di Pekanbaru, Sabtu mengatakan, dalam Surat Edaran Mendikbud tersebut berisi tentang peniadaan UN dan ujian kesetaraan serta pelaksanaan ujian sekolah dalam masa darurat penyebaran COVID-19. Karena itu, pihaknya akan mengikuti surat tersebut.

“Sesuai Surat Edaran tersebut, tahun ini tidak dilaksanakan UN sebagai penentu kelulusan di Riau. Atau sama juga seperti tahun lalu,” kata Zul Ikram.

Dengan tidak adanya UN, kata dia, maka peserta didik dinyatakan lulus dari satuan pendidikan. Dalam artian, peserta didik telah menyelesaikan program pembelajaran pada masa pandemi COVID-19.

Hal itu dibuktikan dengan rapor tiap semester, memperoleh nilai sikap atau perilaku minimal baik dan telah mengikuti ujian yang diselenggarakan oleh satuan pendidikan masing-masing.

“Ujian yang diselenggarakan oleh satuan pendidikan dilaksanakan dalam bentuk portofolio berupa evaluasi atas nilai rapor, nilai sikap atau perilaku, dan prestasi yang diperoleh sebelumnya,” katanya.

Selain itu, lanjutnya kelulusan siswa juga dinilai dari penugasan, tes secara luring (luar jaringan) atau daring, bisa juga bentuk kegiatan penilaian lain yang ditetapkan oleh satuan pendidikan.

Diharapkan semua peserta didik tetap semangat dan belajar seperti biasa meski tidak ada ujian nasional pada tahun ini, demikian Zul Ikram. (Ant)

Lihat juga...