Taman Bunga Umbul Helau Hadirkan Kesejukan Pegunungan

Redaktur: Muhsin Efri Yanto

LAMPUNG — Kesejukan udara pegunungan jadi salah satu alternatif untuk dikunjungi saat liburan. Dalam suasana libur akhir pekan Imlek 2572 Kongzili, destinasi wisata Taman Bunga Umbul Helau di Kabupaten Pesawaran, Lampung bisa jadi tujuan. Lokasinya mudah dijangkau dengan aksebilitas memadai. 

Hasnah, salah satu pengurus taman bunga Umbul Helau menyebutkan, pengunjung dengan kendaraan roda dua, roda empat kerap menggunakan jalur dari Kemiling. Melalui Jalan Teuku Cik Di Tiro atau jalur dua Kemiling menuju ke arah Kelurahan Sumber Agung. Patokan lokasi ada di sebelah kanan dengan bunga warna warni terlihat dari tepi jalan.

Saat libur Imlek Hasnah menyebut pengunjung lebih banyak dibanding hari biasa. Pengunjung bisa masuk dengam hanya membayar tiket masuk Rp10.000, parkir Rp3.000. Fasilitas yang ditawarkan berupa fiedltrip bagi anak anak, organic garden, taman bunga celosia, race ATV, rumah kelinci, gajebo, area panahan, mushola dan toilet.

“Kami buka lokasi wisata ini setiap hari karena lokasinya berada di alam terbuka jadi pilihan warga yang ingin menikmati suasana santai di taman bunga, dominan pengunjung mengajak anggota keluarga terutama anak anak karena berkonsep edukasi,” terang Hasnah saat ditemui Cendana News, Minggu (14/2/2021).

Berada di kaki Gunung Betung yang sejuk suasana alam perbukitan cocok untuk berakhir pekan. Spot menarik untuk foto bagi generasi millenial sebutnya disediakan. Sejumlah spot berupa rumah hobbit, rumah bergaya skandinavia, kincir angin khas negeri Belanda jadi favorit. Lokasi Instagramable tersebut disukai karena cukup nyaman di bawah rimbunnya pepohonan.

Berkonsep agro wisata, Hasnah menyebut berbagai jenis bunga dan tanaman ditata dengan apik. Lorong dari bambu menjadi tempat merambat tanaman markisa giant. Sumber air yang melimpah digunakan untuk membuat kolam dengan ikan mas hias jadi daya tarik. Saung beratapkan daun nipah, di bawah pohon medang jadi tempat bersantai bersama keluarga.

“Kami tetap menerapkan protokol kesehatan dengan menyiapkan tempat cuci tangan, pengunjung wajib masker,” sebutnya.

Taman bunga Umbul Helau di Kecamatan Kemiling itu sebut Hasnah kerap menjadi lokasi edukasi anak anak. Sejumlah materi yang kerap diberikan saat liburan diantaranya pertanian hidroponik, urban farming, outbound dan edukasi memelihara kelinci. Kunjungan edukasi dilakukan melibatkan anak anak usia sekolah bersama orangtua dan guru.

Farel, pengunjung asal Pesawaran mengajak istri dan anaknya mengunjungi taman bunga umbul helau di Jalan Wan Abdurrachman, Bandar Lampung, Minggu (14/2/2021). Foto: Henk Widi

Farel, pengunjung asal Pesawaran menyebut ia memilih taman bunga Umbul Helau karena menarik. Mudah dijangkau dengan jalan memadai jadi pilihan saat berlibur. Pegawai swasta di salah satu bank pemerintah itu mengaku taman bunga jadi spot untuk berfoto. Udara sejuk yang mendukung dengan pemandangan alam menjadi kesempatan untuk merelaksasi pikiran.

“Bagi anak dan istri yang suka foto untuk akun media sosial taman celosia yang warna warni cukup indah,” sebutnya.

Sang anak juga bisa melihat kelinci, ikan yang dipelihara pada taman bunga Umbul Helau tersebut. Menyediakan fasilitas ayunan, sejumlah saung memadai menjadikan ia bisa menikmati kebersamaan. Membawa bekal makanan dari rumah kegiatan makan di kebun bunga jadi aktivitas menyenangkan. Saat pandemi Covid-19 ia menyebut menikmati udara segar menjadi peningkat imun tubuh.

Hani, salah satu pengunjung asal Bandar Lampung menyebut spot wisata pegunungan bisa jadi alternatif. Destinasi wisata yang sepi pengunjung menurutnya cocok jadi tempat untuk menikmati suasana akhir pekan. Bersama dengan teman temannya, taman bunga tersebut menjadi tempat untuk menambah koleksi foto di galeri media sosial.

Area yang luas mencapai 1,5 hektare membuat ia bisa menikmati sejumlah spot. Setelah lelah berkeliling ia bisa beristirahat pada hammock atau ayunan dari kain dan jaring. Kesejukan alami yang bisa dinikmati pada gazebo beratapkan daun rumbia sekaligus sebagai spot foto unik. Mengajak anak anak kecil, area bermain yang aman dan nyaman sekaligus memberi edukasi memberi makan ikan dan kelinci.

Lihat juga...