Taman Terbuka, Alternatif Rekreasi Warga Kota Bandar Lampung

Redaktur: Muhsin Efri Yanto

LAMPUNG — Sejumlah taman di kota Bandar Lampung jadi pilihan untuk aktivitas rekreatif saat akhir pekan. Taman yang digunakan untuk bersantai bersama keluarga di antaranya Tugu Juang di Jalan Kartini, Taman Gajah atau Elephant Park di Jalan Kartini, Taman Prasanti di Jalan Pulau Legundi dan taman depan masjid Al Furqon, Bandar Lampung.

Lukman, salah satu warga Bandar Lampung menyebut saat pandemi sejumlah tempat rekreasi dibatasi. Namun taman jadi salah satu lokasi yang bisa dimanfaatkan untuk mengajak anak bermain.

“Aktivitas di taman tetap menerapkan protokol kesehatan namun dengan tujuan agar anak anak aktif bergerak, tidak bosan karena hanya rumah dengan biaya yang murah namun tetap menyenangkan dan menjaga kebersamaan keluarga,” terang Lukman saat ditemui Cendana News, Minggu (21/2/2021).

Lukman bilang pada masa pandemi Covid-19 jumlah warga yang bermain di taman berkurang. Alternatif taman yang dikunjungi bersama keluarga diantaranya Taman Tugu Juang. Lokasi tersebut digunakan olehnya untuk bersantai bersama keluarga. Sebab dilengkapi dengan air mancur.

Lokasi rekreasi bagi keluarga yang kerap jadi pilihan ada di depan Masjid Al Furqon. Lokasi taman dilengkapi dengan sejumlah lampu hias, tempat duduk dan hamparan rumput cocok dipakai untuk bersantai dengan keluarga.

Hendrik, salah satu warga Teluk Betung menyebut pada hari normal sebelum pandemi taman itu selalu ramai dikunjungi warga.

“Taman jadi pertemuan tiga jalan yang strategis sehingga bisa dimanfaatkan untuk bersantai, ada tempat kuliner dan hiburan anak anak,” cetusnya.

Lukman, salah satu orangtua mengajak anak anak bermain busa sabun di Taman Gajah, Enggal, Bandar Lampung sebagai lokasi alternatif untuk rekreasi keluarga, Minggu (21/2/2021). Foto: Henk Widi

Hiburan bagi anak anak yang masih kerap beroperasi meliputi odong-odong. Dilengkapi dengan musik yang menarik anak anak bisa duduk pada miniatur kuda. Wahana permainan tersebut membuat anak anak betah. Selama pembatasan kegiatan operasional sejumlah wahana dibatasi hingga pukul 22.00 WIB. Taman terbuka tersebut juga cukup menarik saat malam dengan taman warna warni.

Alternatif lain tempat rekreasi terbuka yang kerap digunakan untuk bersantai berada di Taman Prasanti, Sukarame. Maria, salah satu pengunjung menyebut taman dengan pepohonan rindang berada di tepi sungai Prasanti tersebut cukup nyaman. Dilengkapi dengan sejumlah kursi unik, anak anak tetap bisa menikmati suasana ayunan.

Lokasi taman Prasanti di Jalan Pulau Legundi tersebut menurutnya sekaligus tempat bersantai akhir pekan. Bagi sebagian penghobi memancing tepat di sebelahnya lokasi pemancingan dibuka setiap hari. Taman yang memiliki ciri khas dengan gerbang Siger tersebut sekaligus jadi lokasi untuk swafoto yang unik pelepas penat saat akhir pekan. Memiliki fasilitas yang menarik, warga tak harus membayar untuk menikmati taman terbuka tersebut.

Lihat juga...