Tangani Kebakaran, BNPB Siapkan ‘Frame Tank’

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

MAUMERE – Sebuah helikopter milik Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) membawa alat untuk penanganan kebakaran di Kabupaten Sikka serta alat-alat kesehatan untuk Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur (NTT).

“Helikopter ini mengantar alat frame tank untuk menampung air dengan kapasitas 5 ribu galon atau 18.927 liter,” kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sikka, NTT, Muhammad Daeng Bakir, saat ditemui di Lapangan Kota Baru, Maumere, Kamis (18/2/2021).

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sikka, NTT, Muhammad Daeng Bakir, saat ditemui di kantornya di Kota Maumere, Kamis (18/2/2021). Foto: Ebed de Rosary

Daeng Bakir menyebutkan, frame tank itu dari BNPB pusat untuk BPBD Kabupaten Sikka penting untuk digunakan sebagai tempat penampungan air pemadam kebakaran.

Dirinya katakan, kebakaran hutan yang selalu terjadi setiap tahun di NTT termasuk di Kabupaten Sikka terutama di hutan lindung Egon Ilimedo membutuhkan sebuah alat penampung air.

“Alat frame tank ini sangat simpel dan mudah dibawa ke lokasi kebakaran guna menampung air untuk kegiatan pemadaman kebakaran,” ungkapnya.

Daeng Bakir menambahkan, frame tank juga disertai dengan semacam ransel yang mudah dibawa-bawa sehingga saat terjadi kebakaran di daerah sulit dijangkau alat ini bisa dibawa.

Usai dari Kota Maumere, helikopter pun terbang ke arah barat menuju Kota Ende dan mendarat di lapangan sepak bola milik SMAK Syuradikara, menurunkan 9 paket kebutuhan kesehatan.

Asisten Administrasi Pembangunan Sekretariat Daerah Kabupaten Ende, Derson Duka menyebutkan, helikopter membawa masker 4350 pcs, hand sanitizer 1 jeriken, shoe cover 50 pcs, hand spray 24 pcs dan face shield 200 pcs serta frame tank 5.000 galon.

“Semoga bermanfaat bagi kami. Pemerintah Kabupaten Ende terus berupaya untuk memutus mata rantai penularan Covid-19 di wilayah ini,” ungkapnya.

Beragam kebutuhan untuk kesehatan tersebut diserahkan oleh Else Theodora Hayer dari BPBD Provinsi NTT dan diterima Pelaksana tugas (Plt) Kepala BPBD Kabupaten Ende, Ida Muda Mite.

Disaksikan Cendana News, saat helikopter mendarat di Lapangan Kota Baru Maumere, banyak warga yang berkerumun menyaksikannya dari luar lapangan sehingga mobil polisi berkeliling mengimbau warga untuk tidak berkerumun.

Lihat juga...