Teknik Semai Bibit dan Stek, Penuhi Tingginya Kebutuhan Bibit Tanaman

Editor: Koko Triarko

LAMPUNG – Kecintaan masyarakat pada berbagai jenis tanaman hias dan bunga (florikultura), membuat permintaan bibit tanaman di Bandar Lampung, meningkat. Berbagai cara pun dilakukan oleh para pekebun, untuk memenuhi kebutuhan bibit.

Emi, salah satu pemilik Taman Bude di Jalan Gatot Subroto, Teluk Betung, Bandar Lampung, mengaku lebih sering melakukan perbanyakan tanaman dengan biji dan stek batang.

Ia menjelaskan, florikultura yang merupakan bagian jenis tanaman, erat kaitannya dengan hortikultura. Hortus bermakna kebun dan culture berarti bercocok tanam. Namun, pada florikultura lebih spesifik kepada tanaman hias. Teknik perbanyakan tanaman dengan biji pada tanaman hias, menurut Emi diterapkan pada bunga matahari, celosia, keningkir, adenium dan tanaman berbiji lainnya.

Emi (kiri) pemilik taman Bude di Jalan Gatot Subroto, Teluk Betung, Bandar Lampung menerangkan proses perbanyakan bunga sebagai bagian hobi florikultura, Senin (22/2/2021). -Foto: Henk Widi

Jenis tanaman hias yang dikembangkan memakai biji, membutuhkan indukan. Tanaman indukan penghasil biji akan ditunggu hingga menghasilkan biji. Selanjutnya, biji akan disemai pada media tanam khusus. Regenerasi tanaman hias menjadi bibit yang dibudidayakan berkelanjutan. Selain bisa dijual sebagai bibit, benih akan menjadi indukan untuk tanaman baru.

“Awalnya, saya hobi menanam berbagai jenis tanaman hias. Lalu, mulai mengembangkan beragam bunga, membentuk nursery atau kebun bibit lengkap dengan penyediaan media tanam, pot, pupuk dan bibit berbagai jenis tanaman hias,” terang Emi, saat ditemui Cendana News, Senin (22/2/2021).

Teknik budi daya tanaman hias dengan biji, memiliki keunggulan. Bunga yang dikembangkan dengan sistem biji akan menghasilkan bibit dalam jumlah banyak. Tanaman hias kaktus, adenium, sentigi dan tanaman berbiji lainnya disemai dalam media khusus. Setelah tumbuh, proses pemindahan pada pot bisa dilakukan. Penggunaan media tanah dikombinasikan dengan abu sekam, arang kayu, kotoran hewan (kohe).

Jenis produk florikultura yang dihasilkan olehnya menggunakan teknik stek batang. Tanaman bunga sepatu, bunga melati, mawar, keladi dan tanaman dengan batang. Jenis tanaman yang diperbanyak dengan sistem stek bisa dikombinasikan dengan sambung pucuk (grafting). Hasilnya, ia bisa menjual berbagai tanaman hias dalam jumlah banyak setelah dilakukan pemencaran.

“Bunga hias yang telah siap tanam dari teknik stek bisa dipindahkan pada media tanam polybag siap jual,” bebernya.

Pengembangan florikultura memanfaatkan kondisi lingkungan yang mendukung, dilakukan pengelola taman Umbul Helau. Hasnah, penjaga taman, menyebut tanaman hias memiliki berbagai varian. Pada taman Umbul Helau, Kelurahan Sumber Agung, Kemiling, Bandar Lampung, dipenuhi tanaman bunga celosia, miana, aster, anggrek dan bunga hias lain.

Menurutnya, tanaman hias bisa berupa bunga untuk pot dan atau bunga potong. Jenis bunga tersebut meliputi anggrek, krisan, anyelir, mawar, kembang sepatu.  Jenis tanaman hias tidak berbunga jenis palem, suplir, dan puring. Beberapa jenis tanaman bunga diperbanyak dengan sistem biji dalam satu fase. Tanaman yang disediakan untuk dipandang sebagai objek foto dan wahana rekreasi.

“Regenerasi tanaman bunga kami lakukan dengan menebar biji yang telah tua, pengaturan di lahan dilakukan agar selalu ada tanaman baru,” sebutnya.

Sebagai bagian usaha sektor pertanian, Hasnah juga menjual bibit bunga. Minat warga untuk menanam bunga hias menjadi peluang bagi usaha pembibitan. Ia juga mengedukasi warga yang ingin belajar cara menanam bunga dengan teknik biji dan stek. Penyediaan lahan untuk pembelajaran lengkap dengan alat pertanian. Lahan selalu ditingkatkan kesuburannya memakai pupuk organik.

Tanaman celosia sebagai bunga paling dominan di Umbul Helau, paling mudah dikembangkan. Setelah bunga kering, Hasnah melakukan pemanenan biji untuk dijemur. Biji berwarna hitam akan dikumpulkan, lalu disortir. Dipisahkan dalam ukuran 100 gram, bunga bisa dijual dalam kemasan. Sebagian disemai sesuai warna indukan. Selain tanaman bunga jenis buah giant markisa, nanas hias ditanam sebagai pelengkap keindahan taman.

Lihat juga...