Telur Bebek, Ukuran Lebih Besar dan Lebih Gurih

Editor: Koko Triarko

LAMPUNG – Berbagai jenis makanan tradisional, makin lezat dengan tambahan telur bebek. Telur ini biasa digunakan sebagai campuran pembuatan martabak. Namun, telur ini  juga bisa digunakan untuk jenis makanan lainnya. Selain berukuran lebih besar dari telur ayam, telur bebek juga berasa lebih gurih.

Suyatinah, warga Desa Pasuruan, Kecamatan Penengahan, Lampung Selatan, menyebut jika telur bebek memiliki rasa lebih gurih. Dan, variasi olahan kuliner berbahan telur bebek sangat beragam. Paling sederhana, telur bebek dengan ciri khas bercangkang warna biru, kuning telur cerah diolah menjadi dadar. Menggunakan bahan bumbu bawang merah, bawang putih dan penyedap rasa telur dadar bisa dibuat.

Selain digunakan sebagai bahan kuliner murni tanpa campuran, Suyatinah bilang telur bebek bisa menjadi varian olahan lain. Ia mengaplikasikan telur bebek yang telah dibuat menjadi telur asin. Telur asin dari telur bebek akan digunakan untuk pelengkap pembuatan bothok telur asin.

Penggunaan telur bebek oleh Suyatinah, warga Desa Pasuruan, Kecamatan, Penengahan, Lampung Selatan, untuk pembuatan botok telur asin, Sabtu (27/2/2021). -Foto: Henk Widi

Bahan yang diperlukan berupa telur asin, kelapa parut, kemangi, tahu, garam, bawang merah, bawang putih.

“Semua bahan tersebut dicampurkan, setelah dihancurkan lalu dilengkapi bumbu penyedap rasa, lalu dibungkus memakai daun pisang, selanjutnya dikukus menjadi bothok sebagai kuliner tradisional yang lezat untuk varian lauk yang lezat,” terang Suyatinah, saat ditemui Cendana News, Sabtu (27/2/2021).

Telur bebek, sebut Suyatinah, memiliki kandungan gizi berupa kalori, protein, karbohidrat dan lemak. Memiliki kandungan yang cukup baik tersebut, bisa dimanfaatkan untuk sejumlah kuliner. Penggunaan telur bebek menjadi kuliner bisa disesuaikan selera. Tanpa repot mengolahnya menjadi sejumlah makanan, telur bebek bisa disajikan setelah proses perebusan.

Penggunaan telur bebek untuk kelezatan sajian kuliner juga diaplikasikan oleh Rian. Pemilik warung Asih penyedia rawon nguling khas Probolinggo itu mengaku, telur asin bebek selalu menjadi pelengkap. Sajian tersebut akan dihidangkan saat kuliner rawon disajikan, juga rujak cingur. Telur asin bebek menambah cita rasa bagi kuliner utama jenis rawon dan rujak cingur.

“Rasa gurih dan asin telur bebek yang diawetkan melalui proses pengasinan, akan menambah kelezatan rawon,” terang Rian.

Rian menyebut, telur asin bebek kerap dijual satuan Rp5.000. Selain bisa disantap sebagai camilan, telur bebek bisa dicampurkan saat menikmati kuah rawon. Penambahan telur bebek pada kuah rawon menambah sensasi gurih yang berasal dari bagian kuning telur. Makin sempurna proses pembuatan telur asin, kelezatan akan makin terasa.

Nory, salah satu penyuka rawon, mengatakan telur asin dari telur bebek memiliki tekstur lembut. Rasa gurih, asin yang berasal dari proses pengasinan cukup tepat disajikan dalam kuah rawon. Setelah dikupas, bagian putih dan kuning telur bisa dikerok untuk campuran kuah rawon.

Lihat juga...