Tempat Wisata Tanjung Watukrus di Bola Mulai Ramai Dikunjungi

Redaktur: Muhsin Efri Yanto

MAUMERE — Sebuah bukit batu karang yang menjorok ke laut dikelilingi pohon pandan yang dahulunya menjadi tempat masyarakat memancing kini telah berubah menjadi sebuah destinasi wisata.

Setelah disulap sejak 2016 menjadi tempat wisata dan dibuatkan jalan melintasi pesisir pantai sejauh sekitar 100 meter dari timur menuju tempat wisata ini, semakin banyak pengujung menyambanginya.

“Saat ini sudah banyak yang datang berkunjung ke tempat wisata ini sekedar bersantai dan berpose,” ungkap Vinsensius Verer, warga Desa Ipir, Kecamatan Bola, Kabupaten Sikka, NTT, saat ditemui di Tanjung Watukrus, Minggu (14/2/2021).

Fery sapaannya menjelaskan, dirinya awalnya bekerja sendiri memahat bukit karang menggunakan peralatan seadanya sejak 2016.

Ia katakan, jalan yang awalnya dibuat menggunakan bambu serupa jembatan yang menghubungkan daratan di sebelah timur ke lokasi bukit batu karang telah diganti.

Pihaknya pun terpaksa membuat jalan permanen dengan mengecor tiang karena pemilik tanah tidak mengizinkan dirinya mempergunakan jalur jembatan yang awalnya dibangun.

“Saya membuat jalan sendiri dengan membuat tiang cor dari semen karena berada di dalam laut saat air pasang. Kehadiran jalan ini membuat semakin banyak pengunjung berdatangan ke tempat saya,” ucapnya.

Fery mengaku akan membangun home stay di bukit karena dirinya sudah membuat MCK dengan memahat tebing .

Pemilik tempat wisata Tanjung Watukrus, Verentinus Verer (kanan) bersama salah seorang pengunjung saat ditemui di tempat wisatanya, di Desa Ipir, Kecamatan Bola, Kabupaten Sikka, NTT, Minggu (14/2/2021). Foto : Ebed de Rosary

Dia sebutkan, MCK ini terlihat unik sebab berada di dalam tebing dan hanya terlihat pintu saja di bagian depannya.

Sementara itu Anastasia Lado salah seorang pengunjung mengakui tertarik mengunjungi tempat wisata Tanjung watukrus karena melihat banyak postingan di media sosial.

Anas sapaannya mengakui tempat wisata ini sangat bagus untuk beristirahat karena ada lopo dan restoran yang menyediakan makanan dan minuman yang bisa dipesan pengunjung.

“Tempat ini seperti bukit karang di Tanjung Kajuwulu di Kecamatan Magepanda namun saya tempat tersebut belum ditata. Tempat wisata Tanjung Watukrus sangat bagus untuk bersantai bersama keluarga sambil berfoto,” ungkapnya.

Lihat juga...